Dinkes Pastikan Subang Bebas Vaksin Palsu

Dinkes Pastikan Subang Bebas Vaksin Palsu

Dinkes Pastikan Subang Bebas Vaksin Palsu

POJOKBANDUNG.com, SUBANG– Kepala Bidang Pelayanan Pengendalian Penyakit Lingkungan, Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Dr Maxi menyatakan, Subang aman dari peredaran vaksin palsu. Seluruh vaksin untuk kebutuhan Puskesmas dan Rumahsakit Umum Daerah serta Rumah Sakit PTPN VIII, dipasok dari Bio Farma Bandung.


“Kita sudah bentuk tim untuk melakukan sidak ke 10 klinik dan rumahsakit swasta, yang tidak dipasok dari Bio Farma, ternyata dari seluruh klinik dan rumah sakit swasta, setelah Kita cek end ricek mulai dari administrasi, pemeliharaan, pemakaian dan pengecekan pisik dan tempat penyimpanan, semuanya dinyatakan aman dari vaksin palsu,” kata Maxi, Senin (25/7).

Ia juga menjelaskan, bahaya dari dampak vaksi palsu bagi anak-anak yaitu, dapat menimbulkan alergi, akan terkena penyakit yang dijanjikan vaksin misalnya, diberikan vaksin palsu hepatitis B, nantinya si anak akan terkena penyakit tersebut, jika di suntik dengan suntikan antibiotik akan kejang-kejang.

“Untuk membedakan antara vaksi palsu dengan yang asli, Kita dapat membedakannya mulai dari kemasan, warna kemasan sedikit buram, tutupnya sedikit keras karena terbuat dari bahan karet yang kualitas rendah, serta barkot yang tertera di kemasan sulit terbaca,” paparnya.

Ditambahkannya, untuk mengantisifasi penyebaran atau penggunaan vaksin palsu, masyarakat disarankan untuk membawa anaknya ke pos yandu atau Puskesmas dan Rumah Sakit Pemerintah, karena pengadaannya melalui proses verifikasi, dan dalam pengawasan Pemerintah, dan pemberiannya gratis.

“Kami juga meminta kepada klinik dan rumah sakit swasta, dalam pengadaan vaksin, agar datang ke Dinas Kesehatan, akan Kita berikan gratis dan vaksin yang diberikan dijamin asli,” tandas Maxi. (aku)

Loading...

loading...

Feeds