Spanduk Iklan Tak Berizin Ditertibkan, Kecuali Iklan Ini

Satpol PP Cimahi tertibkan spanduk iklan tek berizin.

Satpol PP Cimahi tertibkan spanduk iklan tek berizin.

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Sejumlah spanduk iklan di beberapa titik di Kota Cimahi ditertibkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi, Senin (18/7). Namun, belasan reklame rokok di Jalan Baros, Kota Cimahi yang diduga tak berizin tidak dilakukan penertiban.


Alasan tidak ditertibkannya reklame rokok tersebut karena alat yang dibawa tidak lengkap. “Kami tidak membawa gergaji dan alat lainnya. Jadi susah untuk dipotong,” ujar Kasie Pengendalian Operasi (Dalop) Satpol PP kota Cimahi, Uus Saefudin, saat ditemui disela penertiban.

Padahal, reklame rokok yang dipasang berderet semi permanen dengan tiang besi itu sudah terpasang lama. Ia meyakini reklame sejenis banyak dipasang di sejumlah titik di kota Cimahi.

Namun demikian ia menolak memberi keterangan lebih lanjut mengenai pertanyaan wartawan yang mempertanyakan kontrol reklame dan spanduk, serta persiapan yang tidak maksimal terkait penertiban yang dilakukan.

“Vendor dari reklame yang harus sadar bahwa pemasangan iklan harus berizin,” ujarnya.

Dari pantauan, petugas Satpol PP mencabut sejumlah spanduk yang didominasi berisi iklan komersial, dan ucapan hari raya.

Dadang Waryana, salah seorang koordinator penertiban reklame dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Cimahi mengatakan penertiban dilakukan sesuai instruksi Walikota Cimahi tentang K3.

“Yang kami tertibkan itu spanduk yang tidak berizin atau yang sudah habis masa izinnya,” katanya.

Disinggung terkait spanduk rokok, ia pun meyakini sudah tidak berizin. Pasalnya, dalam reklame tersebut tidak ada cap Pemkot yang tertera.

Banyaknya reklame tidak berizin tentu merugikan Pemerintah Kota. Pasalnya, pajak yang harusnya masuk ke Kas daerah tidak terserap.

Namun, untuk penertiban, ia mentakan hal tersebut merupakan tugas pokok dan fungsi Satpol PP. “Kami tidak punya wewenang, Satpol yang punya,” ujarnya.(bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …