MPLS SMA di Kabupaten Bandung Dibagi 3 Wilayah

ilsutrasi

ilsutrasi

POJOKBANDUNG.com, BALEENDAH– Hari pertama MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan sekolah) SMA di Kabupaten Bandung berjalan cukup lancar. Para orang tua siswa turut mendampingi hari pertama anaknya sekolah.


Pelaksanaan MPLS SMA di Kabupaten Bandung, dimulai dengan melakukan upacara bersama, dimana pihak dinas pendidikan membagi tiga wilayah, yakni wilayah satu yang meliputi wilayah barat seperti Soreang, Ciwidey, Pasirjambu dan sekitarnya dipusatkan di SMKN Katapang, wilayah dua yang meliputi Pameungpeuk, Baleendah, Dayeuhkolot, Ciparay sampai Kertasari dipusatkan di SMAN 1 Baleendah, dan wilayah tiga yang berada di timur Kabupaten Bandung dipusatkan di Rancaekek.

Dari pantauan, di SMAN1 Baleendah, para siswa baru mengikuti upacara secara serius. Para siswa bahkan sudah datang sejak pukul 06.00 untuk mengikuti MPLS.

“Memang siswa diimbau datang lebih pagi, sebelum pukul 06.15 sudah ada di sekolah, khususnya bagi siswa muslim, karena akan mengikuti pembinaan karakter dan siraman rohani,” tutur Kepala SMAN 1 Baleendah, Aa Sudaya, Senin (18/7).

Sekitar pukul 06.45 siswa kemudian melakukan upacara bersama dengan siswa lainnya. Para orang tua juga terlihat hadir mendampingi putra putrinya.

Menurut Aa, secara umum, MPLS tidak jauh berbeda dengan masa orientasi tahun lalu, namun ada sedikit perbedaan untuk tahun ini.

Untuk tahun ini, pelaksanaan MPLS lebih dititiktekankan kepada pengenalan sekolah, baik cara belajar, lingkungan sekolah, budaya sekolah, kurikulum, fasilitas sekolah dan hal lainnya termasuk mengenalkan siswa lama dengan siswa baru.

“Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang jauh, dari dulu juga kami selalu melakukan hal ini. Perpeloncoan oleh siswa lama juga tidak pernah ada dari dulu juga,” ujarnya.

Namun yang membedakan, kata Aa adalah waktu pelaksanaan orientasi, jika tahun lalu dilakukan selama satu pekan, untuk saat ini hanya tiga hari saja.

“Kamis sudah mulai KBM. Tapi bagi siswa yang belum mempunyai seragam, tidak akan diberi sanksi, akan kami perbolehkan sampai siswa tersebut mempunyai seragam SMA,”katanya.

Selain itu, pelaksanaan MPLS juga dilakukan sama seperti jam pelajaran sehari-hari, menurut Aa, SMAN 1 Baleendah sudah biasa menggelar KBM dari pukul 07.00 sampai pukul 15.30.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Juhana mengatakan tanggung jawab siswa dalam menerima pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, sehingga pada saat MPLS orang tua siswa diundang untuk mengingatkan hal tersebut.

“Jadi ada yang disebut dengan ekosistem pendidikan, bukan hanya sekolah, pemerintah dan orang tua, tapi juga lingkungan lain, seperti dunia usaha, dunia industri, tokoh masyarakat, tokoh agama, aparat penegak hukum dan pihak lainnya juga harus ikut berkontribusi terhadap proses pendidikan,” katanya.

Dengan hadirnya Orang tua saat MPLS paling tidak bisa terjalin komunikasi yang baik antara orang tua dengan para tenaga pendidik di sekolah masing-masing.

“Tidak hanya saat masa pengenalan sekolah saja, para orang tua siswa baru juga pun boleh berkomunikasi setiap saat secara bergiliran datang ke sekolah, atau berkomunikasi melalui teknologi seperti telepon seluler dan lain sebagainya,” katanya. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …