Gudang Pabrik di Cibaligo Terbakar, Dua Teknisi Luka Bakar

Polisi menunjukkan mesin setting di PT Gucitex yang sudah terbakar di Jl. Cibaligo, Cimahi, Senin (18/7).

Polisi menunjukkan mesin setting di PT Gucitex yang sudah terbakar di Jl. Cibaligo, Cimahi, Senin (18/7).

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Gudang pabrik PT Gucitex di Jalan Cibaligo No 157 terbakar, Senin (18/7). Peristiwa tersebut disebabkan terbakarnya mesin finishing saat dilakukan perawatan oleh mekanik.


Pada saat kejadian, para pekerja di pabrik langsung melakukan penanganan, sehingga api tidak sempat membakar bagian lain.

Itu disampaikan salah seorang saksi kejadian, Andri Supandi (26). “Sekitar pukul 10.00 WIB salah satu mesin terbakar, pegawai yang sedang bekerja langsung berusaha memadamkan api,” ujarnya.

Pemilik pabrik, Heri Wiraga mengatakan, terbakarnya mesin fisnishing tersebut diduga karena arus pendek listrik yang membakar oli.

“Mesinnya sedang diservice, karena baru hari pertama kerja. Ada oli netes dan terbakar karena percikan api. Kami melakukan langsung melakukan penanganan sambil menghubungi damkar,” katanya.

Menurut keterangannya, akibat kejadian tersebut, ada dua korban yang mengalami luka bakar ringan. Mereka adalah teknisi mesin pabrik.

“Dua korban langsung mendapat penanganan medis dan dibawa ke rumah sakit,” terangnya.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi, Dodi Hartika, mengatakan, pihaknya tidak terlalu sulit memadamkan api. Pasalnya, para karyawan di pabrik tersebut sudah berusaha memadamkan api dengan APAR dan peralatan lainnya.

“Pemadaman dibantu karyawan. Terlebih, Pabrik sudah memiliki hidran, sehingga kami (damkar) tidak terlalu menemui kesulitan saat mencari air,” ujarnya.

Dalam pemadaman api di pabrik tersebut, Damkar Cimahi menurunkan sebanyak lima unit mobil damkar. Api berhasil dipadamkan dalam kurun waktu 10 menit.

Terkait penyebab kebakaran sendiri, Dodi mengak “Kalau dari keterangan para karyawan diduga dari oli panas yang bocor. Tapi untuk penyelidikan dilakukan petugas kepolisian,” terangnya.

Kapolsek Cimahi Selatan Kompol Rukun Iman, mengaku belum bisa memastikan penyebab dan kerugian yang dialami pabrik.

“Kamu akan lakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pastinya,” ungkapnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …