PSSI Putuskan KLB 3 Agustus di Jakarta

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA)

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA)

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Executive Committe (Exco) PSSI memutuskan Kongres Luar Biasa (KLB) digelar 3 Agustus mendatang di Jakarta. Anggota Exco PSSI, Tony Apriliani mengatakan, pihak Kesekjenan PSSI sedang melakukan survey di Jakarta untuk menentukan tempat penyelenggaraan kongres nanti.


Penunjukan Jakarta sebagai lokasi kongres berubah dari rencana awal PSSI. Sebelumnya, otoritas tertinggi sepak bola tanah air itu berencana menggelar kongres itu di Balikpapan, Kalimantan Timur. Menurut Tony, Balikpapan besar kemungkinan akan ditunjuk sebagai tuan rumah pada kongres berikutnya.

Sebagai catatan, sepanjang akhir tahun ini, PSSI akan melalukan dua kongres besar. Pertama, KLB pada 3 Agustus dan KLB pemilihan paling lambat 31 Oktober. Agenda utama pada kongres 3 Agustus nanti membentuk komite pemilihan dan komite banding pemilihan sebagai perangkat utama untuk memilih Ketua Umum baru PSSI pada kongres berikutnya.

Terkait peserta kongres 3 Agustus, Tony mengatakan, pesertanya masih sama dengan kongres 17 April di Surabaya yang berhasil memilih La Nyalla Mattalitti sebagai ketua umum PSSI. Bahkan, beberapa klub yang saat ini telah berubah nama karena telah melakukan penjualan saham pun, oleh PSSI dianggap belum berubah.

Misalnya sejumlah tim peserta Torabika Soccer Championship seperti Pelita Bandung Raya yang sudah berkamuflase menjadi Madura United, Persiram Raja Ampat berubah menjadi PS TNI serta Persebaya Surabaya menjadi Bhayangkara Surabaya United. Begitu juga dengan sejumlah tim di Divisi Utama.

“Undangan tim-tim yang sudah berubah itu telah kami kirimkan atas nama awal mereka. Seperti Persebaya Surabaya, undangannya kami kirimkan ke Pak Gede Widiade. Karena waktu kongres di Surabaya, Pak Gede yang hadir mewakili Persebaya. Begitu juga dengan tim-tim yang lain,” ungkap pria asal Bandung, Jawa Barat ini.

Nah, klub-klub yang sudah berubah nama karena melakukan merger atau jual beli saham tersebut kemudian akan disahkan sebagai anggota PSSI pada kongres 3 Agustus. “Nanti kalau mereka sudah disahkan sebagai anggota baru klub-klub itu bisa ikut dalam kongres pemilihan untuk memilih Ketua Umum baru PSSI,” tandasnya.(ben)

 

Loading...

loading...

Feeds