Abubakar Kecewa Proyek Saguling Mangkrak

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat, Abubakar meminta jajaran Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan (DBMSDAP) Kabupaten Bandung Barat untuk menuntaskan proyek Purabaya-Jati-Saguling di tahun ini.


Abubakar mengatakan, disisa waktu yang hanya sekitar 5 bulan, proyek yang dianggarkan di tahun 2015 lalu, dengan nilai Rp23 miliar tersebut harus benar-benar selesai dan tidak lagi mangkrak.

“Saya beri waktu kepada Kadis Bina Marga hingga akhir tahun ini untuk menyelesaikan proyek Saguling ini. Tapi, kalau hingga akhir tahun tetap tidak tuntas, maka jabatan Kadis akan saya copot, itu janji saya,” tegas Abubakar kepada wartawan di Ngamprah, Rabu (13/7).

Menurut Abubakar, mangkraknya pengerjaan proyek Purabaya-Jati-Saguling ini lantaran tidak bisa memilih pihak ketiga dalam hal ini PT Imemba selaku kontraktor pada saat itu. Hal lainnya, kata Abubakar, kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada di jajaran DBMSDAP belum sesuai dengan harapan.

“Bahkan saya lihat ini juga akibat keteledoran pejabat pembuat komitmen (PPK) yang saat itu dipegang Tanwar. Sudah saya berhentikan jabatannya dari segala proyek. Saya akui kinerja bawahan sangat buruk, sehingga proyek jalan yang seharusnya saat ini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat, tapi paktanya harus menunggu lagi,” sesal Abubakar.

Lebih jauh Abubakar menjelaskan, akibat mangkraknya proyek Saguling menjadi temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) tentang Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2015 yang menyebutkan pemerintah daerah kelebihan pembayaran sebesar Rp2,1 miliar. Di antaranya lantaran kelebihan pembayaran proyek Purabaya-Jati-Saguling sebesar Rp1,1 miliar dan sisanya proyek jalan lainnya.

“Jadi Rp1,1 miliar atas kelebihan pembayaran dari proyek Saguling ini, merupakan uang jaminan pemkab kepada pihak kontraktor yang seharusnya jangan dicairkan terlebih dahulu, karena pihak kontraktor belum menyelesaikan pekerjaannya hingga tuntas. Namun, lantaran keteledoran PPK, malah mencairkan uang itu kepada kontraktor. Kelebihan pembayaran itu yang dipandang BPK agar dikembalikan lagi,” paparnya.

Rekomendasi BPK, kata Abubakar, pemerintah daerah diharuskan mengembalikan kelebihan pembayaran tersebut dengan jangka waktu 60 hari ke depan. Kelebihan pembayaran ini harus dikembalikan oleh Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan Kabupaten Bandung Barat.

“Saya ingatkan lagi kepada sejumlah SKPD yang memiliki pengerjaan proyek seperti Bina Marga dan DCKTR untuk lebih hati-hati memilih pihak ketiga. Karena sering kali ketika masuk ke pokja ULP dari sisi administrasi bagus, namun dari jejak rekamnya justru tidak memiliki prestasi seperti PT Imemba kemarin,” ujarnya.

Terpisah, Kasi Pembangunan Jalan pada Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan Kabupaten Bandung Barat Muhammad Ridwan beralasan, belum dikerjakannya kembali proyek Saguling hingga pertengahan tahun ini, lantaran harus dilakukan verifikasi data di lapangan terlebih dahulu.

“Saat ini belum ada pengerjaan di lapangan. Karena saat ini sedang fokus pada verifikasi data di lapangan. Kami juga belum melakukan lelang,” kata Ridwan belum lama ini.

Diungkapkan Ridwan, setelah dilakukan verifikasi data, pihaknya akan membuat HPS untuk selanjutnya menunggu intruksi pimpinan.

“Jadi pendataan yang kami lakukan ini untuk melihat kebutuhan bahan  pengerjaan yang sesuai dengan peruntukannya. Selain bahan, kita juga harus melihat kontruksi tanah di sana. Kalau semua data sudah lengkap baru kita lakukan lelang dua bulan setelah Lebaran (September),” paparnya.

Diakuinya, kendati akan dilakukan dua bulan setelah Lebaran, pengerjaan proyek Saguling ini diyakini akan rampung hingga akhir tahun 2016. Sesuai dengan DPA, pengerjaan proyek Saguling ini harus selesai di tahun ini. “Kita punya waktu dari September hingga Desember untuk menyelesaikan jalan Saguling ini,” pungkasnya. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …