90 Ribu Kendaraan Tak Bayar Pajak

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG –  Sekitar 90 ribu kendaraan di 15 Kecamatan Kabupaten Bandung dikategorikan KTMDU (Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang) atau belum membayar pajak lima tahunan.


Kepala Cabang Samsat Soreang, Dedi Jubaedi, mengatakan untuk menelusuri penyebab banyaknya KTDMU pihaknya telah bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas Polres Bandung di setiap kelurahan dan desa.

Dari data pemilik yang ada di Kantor Samsat, para pemilik yang menunggak pajak lima tahunan tersebut didatangi untuk diklarifikasi penyebab belum dibayarnya pajak kendaraannya.

Selain itu, Samsat Soreang pun mengerahkan para pegawainya untuk melakukan hal serupa. Upaya penyadaran pajak ini pun dilakukan oleh sejumlah kader penggerak pajak yang dikoordinasi oleh kepala desa.

“Setelah ditelusuri, di antaranya ada yang belum bayar pajak karena kendaraannya ditarik leasing, kendaraannya dicuri, karena merasa tidak memiliki kendaraan, dan alasan lain, seperti uangnya terpakai untuk biaya sekolah anak atau lainnya,” tutur Dedi, Rabu (13/7).

Para penunggak pajak, langsung diimbau oleh petugas supaya segera membayar tunggakannya.

“Kalau menyatakan kendaraannya hilang, langsung disuruh menandatangani berita acara dan pernyataan kendaraannya hilang,”katanya.

Penelusuran terhadap KTMDU ini harus dilakukan, kata Dedi, sebagai bahan klarifikasi kepada BPK RI dan DPRD. Jika tidak, katanya, potensi pajak dari 90 ribu kendaraan ini dapat dinyatakan hilang atau diindikasikan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“90 ribu kendaraan bukan angka yang kecil. Personil kita pun terbatas, walau dibantu Bhabinkantibmas dan kader. Apalagi saat pengecekan, tidak sedikit hambatannya. Ada yang sedang tidak berada di rumah atau sangat sulit ditemui,” katanya.

Di Kabupaten Bandung, katanya, 15 kecamatan di bagian barat dilayani oleh Kantor Cabang Samsat Soreang, 15 kecamatan di wilayah timur dilayani Kantor Cabang Samsat Rancaekek, dan Kecamatan Margaasih dilayani Kantor Cabang Samsat Padalarang. (mld)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …