Wisatawan Serbu Ciwidey dan Rancabali

POJOKBANDUNG.com, SOREANG –  Libur Idul Fitri tahun ini, jumlah wisatan dialami Kabupaten Bandung. PAD dari sektor pariwisata, dimungkinkan akan mengalami kenaikan.


Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Bandung Achmad Johara menyebutkan rata-rata jumlah wisatawan per hari dimulai dari satu hari setelah lebaran, sebanyak 50 ribu orang.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan lebih dari 20 persen jumlah wisatawan dibandingkan waktu sebelum lebaran. Sebagian besar berkunjung ke objek wisata di daerah Ciwidey dan Rancabali.

“Kenaikan paling tinggi di Sabtu dan Minggu kemarin, total di dua hari ini bisa mencapai 150 ribu wisatawan,” tutur Achmad, Senin (11/7).

Dampak membanjirnya wisatawan yang menuju Bandung selatan ini, diakui Johara, membuat jalur Ciwidey-Rancabali padat. Jalur ini lebih padat ketimbang jalur wisata yang mengarah ke Pangalengan.

“Hasil pantauan Kompepar (Kelompok Penggerak Pariwisata) seperti itu. Jalur Ciwidey-Rancabali itu paling padat,” ujarnya.

Achmad menjelaskan, kenaikan jumlah wisatawan di Kabupaten Bandung memberikan dampak positif bagi perekonomian Kabupaten Bandung, khususnya bagi warga sekitar. Nilai transaksi ekonomi dari kenaikan wisatawan ini pun, menurut dia, bisa mencapai Rp 100 miliar.

Selama empat hari setelah lebaran, berbagai objek wisata di Kabupaten Bandung menampung lebih dari 200 ribu wisatawan, lokal ataupun mancanegara. Dalam perhitungan kasarnya, jika 200 ribu wisatawan itu dikalikan dengan perkiraan pengeluaran per orang Rp 500 ribu per hari, maka nilai transaksi ekonominya bisa mencapai Rp 100 miliar.

“Memang baru hitungan kasar, tapi ini luar biasa yah. Rata-rata mereka menggunakan kendaraan dan sebagian menginap. Rata-rata 500 ribu habis itu,” tambahnya.

Selama 2015 kemarin, sektor pariwisata dan sekitarnya menyumbang pemasukan ke PAD Kabupaten Bandung sebesar Rp 14 miliar. Di tahun ini, target pemasukan dari pariwisata sebesar Rp 17 miliar. Pada tahun berjalan ini, kata dia, pendapatan yang bersumber dari pariwisata sudah ada sebesar Rp 6 miliar. Kemudian, ditambah lagi hasil dari kenaikan 20 persen kunjungan wisatawan setelah lebaran. (mld)

Loading...

loading...

Feeds

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …

Ada Efek Pegal-pegal dan Ngantuk

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setelah disuntik vaksin, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana tidak berencana melakukan kegiatan yang terlalu berat. “Setelah …