Pulau Asmara di Situ Patenggang Jadi Saksi Keabadian Cinta

POJOKBANDUG.com, RANCABALI-Situ patenggang konon berawal dari sebuah cerita rakyat yang melegenda hingga sekarang, dimana cerita itu mengisahkan sepasang kekasih yang memadu asmara kemudian mereka menikah, antara Prabu Kian Santang yaitu putra dari Prabu Siliwanggi dan Dewi Rengganis putri titisan dari dewi yang besar dari alam. Dari semenjak itu mereka berdua pernah jumpa di suatu tempat kemudian mereka pisah.


Menurut Tokoh Masyarakat setempat  Dadang mengatakan, karena asmara mereka berdua yang sanggat kuat dan begitu dalam akhirnya mereka berniat untuk saling mencari dan akhirnya mereka pun dipertemukan kembali, dan semenjak dari cerita itu kenapa disebut patenggang karena dalam basa sunda yang mempunyai arti pateangan-teangan yang artinya saling mencari.

Kemudian Dewi Rengganis dan Prabu Kian Santang saat itu dipertemukan kembali disebuah batu yang hingga sekarang terkenal dinamakan  Batu Cinta. Konon dibawah batu cinta itu ada sebuah gua yang sangat besar dan dalam gua itu terdapat sebuah prasasti yang ditulis dalam bahasa sunda kuno.

“Disitu juga ada sebuah ikrar atau janji antara prabu Kian Santang dan Dewi Rengganis. Jadi barang siapa yang datang ke Situ Patenggang berdua sepasang kekasih, kemudian berlayar disebuah danau yang bernama Patenggang tersebut, kemudian mengelilingi di danau itu sekalipun bedua, maka akan mendapatkan pasangan yang abadi,” bebernya.

Sebelum nikah, Dewi Renganis sempat meminta kepada Prabu Kian Santang untuk dibuatkan danau dan sebuah perahu dengan luas 68 hektar,  kemudian  pulau tersebut sekarang berada ditengah yang dinamakan pulau asmara, lalu di pulau tersebut berpenghuni hidup sepasang kera dari dulu hingga sekarang.

Yaitu terdapatnya hanya sepasang kera saja yang berada di pulau asmara itu, sekalipun beranak atau mempunyai keturunan maka kera tersebut yang akan mati hanya induknya atau anaknya saja, dan itu melambangkan sebuah cinta keabadian antara Prabu Kian Santang dan Dewi Rengganis,” ucapnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …