Lembang Masih Jadi Tujuan Favorit Berlibur

Para pengunjung menikmati liburan lebaran sambil melakukan selfie dengan background kawah Tangkuban Parahu.

Para pengunjung menikmati liburan lebaran sambil melakukan selfie dengan background kawah Tangkuban Parahu.

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Sejumlah wisatawan lokal maupun mancanegara masih memadati berbagai lokasi wisata dii kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat di hari akhir libur lebaran, Minggu (10/7/2016). Hal tersebut terlihat seperti Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu, wisata alam Maribaya dan Taman Hutan Raya Ir. Haji Juanda Dago tampak dipadati ribuan wisatawan asal luar Bandung.


Direktur SDM PT Graha Rani Putra Persada (GRPP), Nurlela Selvia Fransisca selaku pengelola Taman Wisata Alam Tangkubanparahu. Dia menuturkan, Tangkuban Perahu masih jadi primadona wisatawan asal luar Kota Bandung.

“Pengunjung wisata tahun ini cukup ramai, perhari mencapai 10 ribu orang yang datang, semuanya dari lokal, sedangkan untuk pengungjung di dominasi asal jawa barat,” ungkapnya.

Nurlela menambahkan, seperti pada musim liburan sebelumnya, rata-rata yang datang ke Tangkuban Perahu adalah wisatawan luar Bandung. Agar wisatawan aman dan nyaman saat di lokasi, pihaknya sudah menambah jumlah personil yang ditempatkan di gerbang utama dan sejumlah tikungan jalan.

“Jalan yang berkelok-kelok serta ditambah membludaknya pengunjung, akhirnya kita harus menambah personil lapangan. Kira-kira penambahannya mencapai 60 orang, rata-rata ditempatkan di belokan jalan untuk mengatur kendaraan yang keluar masuk Tangkuban Parahu, ” jelasnya.

Selain itu menurut Lela, jumlah penggunjung wisata tahun ini tidak begitu membludak akibat waltu libur yang panjang hingga stu minggu lamanya. “Kenaikan nya hanya 3-4 persen di badungboan hari biasa, tetapi kuta tetap waspasa dalam mnghadapi pengunjung karena susah diperidiksi untuk puncak liburan,” ungkapnya.

Sementara itu, kondisi lalu lintas di jalur wisata Lembang sedikit menurun dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Sudah banyak wisatawan yang meninggalkan Lembang pada hari libur terakhir ini.

Hal serupa disampaikan GM Maribaya Hot Spring Resort, Tjokorda Suta Suradnyana menuturkan, selama sepekan ini ada sekitar 15 ribu orang yang sudah berkunjung ke objek wisata Maribaya.

“Rata-rata 5-6 ribu orang perhari. Sejumlah fasilitas terus kita lengkapi agar pengunjung nyaman berada di lokasi wisata, ” ujar Tjokorda.

Tjokorda menyatakan, selain objek wisata alam yang jadi andalan, delapan kolam renang juga sangat dipadati wisatawan. Selama kurun waktu satu tahun terakhir, sudah semakin banyak wisatawan yang datang ke objek wisata di kawasan Bandung Utara ini.

“Sejak dikelola swasta, kami terus melakukan pembenahan. Selama musim libur ini pun jam operasional kita diperpanjang hingga jam 9 malam karena kita juga menyelenggarakan Festival Jadoel yang menampilkan permainan dan makanan jaman dulu, “katanya.

Jalan Raya Lembang yang biasanya sejak pagi jadi simpul kemacetan, kali ini terpantau sedikit lengang. Pihak kepolisian hanya beberapa kali memberlakukan rekayasa jalan apabila kendaraan dari arah Lembang sudah cukup panjang.

Puncak arus kendaraan itu sendiri sudah terjadi pada Sabtu (9/7) malam. Ribuan kendaraan memadati jalan utama dan sejumlah ruas jalur alternatif untuk keluar Lembang menuju arah Kota Bandung dan tol Pasteur. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …