Galian C di Parongpong Longsor, Satu Orang Tewas

lokasi longsor galian C di Parongpong. (habibie)

lokasi longsor galian C di Parongpong. (habibie)

 


POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG–Salah seorang penggali pasir di kawasan galian C di Kampung Manglayang, Desa Cihanjuangrahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat Senin, 11 Juli 2016 pada pukul 09.00 WIB. Korban tersebut bernama Wawan (65) warga RT1/RW3 Kampung Manglayang tak jauh dari lokasi kejadian.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sejumlah warga bersama Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB dan anggota Kepolisian sedang bersama-sama mencari korban dengan peralatan seadanya, seperti cangkul dan selang air.

Setelah tiga jam perncarian, akhirnya pada pukul 11.45 badan Wawan ditemukan sudah dalam keadaan tidak bernyawa. Selanjutnya oleh pihak kepolisian, korban segera dibawa ke RSUD Cibabat Cimahi.

evakuasi korban longsor

evakuasi korban longsor

Menurut seorang warga yang juga berprofesi sebagai penggali pasir D Sutisna (50) warga RT2/RW3 Kp. Manglayang, korban tertimbun longsor bukan ketika sedang menggali pasir, melainkan tengah lewat untuk bersilaturahim dengan warga lainnya. Lokasi longsor merupakan jalan setapak yang biasa dilintasi warga Kampung Manglayang menuju jalan raya dengan melewati lokasi galian pasir.

“Sepertinya dia sedang melewati lokasi tersebut karena pada saat ditemukan posisinya sedang membelakangi tebing longsoran. Almarhum tertimbun tanah sedalam sekitar tiga meter. Pas kejadian, saya bersama sekitar 10 orang lainnya langsung berusaha membantu mengeluarkannya, sebelum petugas datang ke lokasi,” katanya.

Kepala Polres Cimahi Ade Ary Syam Indradi mengatakan, pencarian korban dilakukan oleh puluhan petugas polisi, warga, maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah KBB. “Korban ditemukan pukul 11.45 dan saat ini sudah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat, Kota Cimahi,” kata Ade.

Berdasarkan data diperoleh, korban tewas yaitu Wawan merupakan warga setempat dan tidak ada korban lainnya yang tertimbun longsor. “Tidak ada korban lainnya. Jadi hanya satu orang,” katanya.

Ketika proses pencarian, lanjut dia, seorang anggota polisi sempat terluka karena tertimpa longsoran batu. “Kami masih menyelidiki penyebabnya dan kami masih mengamankan tempat di sekitar lokasi kejadian longsor,” katanya.

Lanjutnya mengatakan, bahwa pihaknya akan selidiki lokasi tersebut peruntukannya untuk apa dan korban sedang melakukan apa di situ.

“Kita akan seludiki lebih lanjut penyebabnya, untuk sementara kita himbau untuk masyarakat untuk menjaga keselamatan dalam setiap melakukan kegiatan,” ujarnya.

Sementara itu, menanggapi kejadian longsor tersebut, Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Apung Hadiat Purwoko menuturkan, pihaknya sudah tidak lagi memberikan izin untuk segala aktivitas penambangan di KBB. Pasalnya, izin untuk segala aktivitas tambang sudah diambil alih oleh Provinsi.

Sementara Untuk lokasi longsor yang terjadi saat ini, lanjut Apung, lokasi tersebut sudah ditangani oleh Polresta Cimahi agar tidak ada lagi penambangan. “Polres Cimahi juga sudah memasang garis polisi agar tidak ada lagi penambangan disana tapi kadang suka saja ada yang masih gali,” katanya.

Apung menjelaskan, pelarangan segala aktivitas penambangan di lokasi longsor yang terjadi saat ini bukan tanpa alasan, selain masuk wilayah Kawasan Bandung Utara (KBU), kawasan itu juga rawan longsor.

“Tata Ruang juga tidak memperbolehkan penambangan. Dengan alasan apapun Pemkab tidak mengizinkan,” katanya.

Apung mengatakan, warga yang masih melakukan kegiatan penambangan kebanyakan karena alasan ekonomi. “Untuk dampak ekonomi kita nanti akan bicarakan untuk alih profesi para penambang dengan dinas-dinas terkait lainnya,” pungkasnya.(bie)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …