Dua Napi Kabur dalam Sepekan

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Ditjen Pemasyarakatan perlu mengevaluasi kewaspadaan petugas lembaga pemasyarakatan (lapas). Pasalnya, dalam kurun waktu sepekan belakangan, ada dua napi meloloskan diri. Hingga kini, dua-duanya juga belum berhasil ditangkap.


Kasus kaburnya napi tersebut terjadi di Lapas Besi Nusakambangan Kamis (30/6) dan Rutan Salemba Jumat (8/7).

Kasubdit Komunikasi Akbar Hadi Prabowo mengatakan, untuk kasus Lapas Besi, petugas sebenarnya kurang waspada karena menganggap napi bersangkutan sedang menjalani proses asimilasi (pembinaan menjelang bebas).

“Dalam proses tersebut, napi kan tidak berada di sel terus,” kata Akbar.

Seperti diketahui, napi bernama Saman Hasan Zadeh Leili alias Messi, 30 itu kabur setelah menyamar mengenakan pakaian petugas. Dia dengan tenang melenggang pergi melalui dermaga yang menjadi akses satu-satunya Pulau Nusakambangan-Pulau Jawa dengan motor bebek milik sipir.

Helm dan masker menjadi pelangkap agar wajahnya tak diketahui.

Kini Ditjen Pemasyarakatan telah berkoordinasi bersama polisi untuk memburu napi bernama Saman Hasan asal Turki tersebut. Foto Saman juga telah disebar ke sejumlah titik.

Sementara itu, dalam kasus napi kabur di Rutan Salemba, Akbar mengatakan bahwa sebenarnya antisipasi sudah dilakukan sedemikian rupa. Namun, karena saat itu kunjungan keluarga membeludak, pengawasan memang luput dilakukan para petugas.”Pengunjung ada 2 ribuan, petugas saat itu ada 50 orang, terbagi dalam pendaftaran, registrasi, pemeriksaan barang, dan pengawasan ruangan,” terang Akbar.

Sebenarnya Rutan Salemba telah menerapkan sistem pemindai sidik jari dan foto bagi para pengunjung. Namun, itu hanya diterapkan untuk pengunjung laki-laki. Nah, celah itulah yang dimanfaatkan Anwar.

Anwar, rupanya, bekerja sama dengan istrinya yang sedang membesuk. Sang istri membawakan gamis untuk penyamaran Anwar.

Pengunjung perempuan selama ini hanya distempel untuk menandai. Stempel itulah yang diduplikasi dan dicap di tubuh Anwar. Jadilah, Anwar dan istrinya bisa kabur mengelabui petugas. (gun/c10/sof) 

Loading...

loading...

Feeds

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …