Ada Kejanggalan Penyebab Meninggalnya Husni Kamil Manik?


Istri Almarhum Ketua KPU Pusat Husni Kamal Manik, Endang Mulyani dan anaknya terisak menangis saat pemakaman di TPU Jeruk Purut, Jakarta, Jumat (8/7). Foto : Jawa Pos

Istri Almarhum Ketua KPU Pusat Husni Kamal Manik, Endang Mulyani dan anaknya terisak menangis saat pemakaman di TPU Jeruk Purut, Jakarta, Jumat (8/7). Foto : Jawa Pos

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Kepergian almarhum Husni Kamil Manik masih menyisakan rasa penasaran di berbagai kalangan. Salah satunya dari Ali Mocthar Ngabalin. Menurut politikus Golkar ini, penyebab meninggalnya Ketua KPU RI itu masih sangat janggal.


Hal tersebut ia kemukakan melalui akun Facebook-nya. Ngabalin memandang ada yang aneh dari wajah jenazah Husni yang dilihatnya saat melayat pada Kamis (7/7) malam.

“Saya menyaksikan wajah seperti ini seperti dahulu wajah yang pernah saya lihat setelah diotopsi (autopsi) ternyata yang bersangkutan mati karena diracun,” ujar Ngabalin.

Bersama tulisan yang dipostingnya, diunggah pula wajah Husni yang tampak bersih menguning namun penuh dengan bercak merah menandakan pembulu darah pecah.

Karena itu, pria kelahiran Fakfak, Papua Barat itu meminta agar jenazah Husni lebih baik diautopsi untuk membuktikan kecurigaannya.

“Atas nama demokrasi dan hak-hak manusia serta untuk mengungkap tabir di balik kematian sdr. Husni saya mengusulkan ada tim dokter ahli forensik yang independen untuk melakukan otopsi (autopsi),” tegas Ngabalin. Ia juga meminta agar negara mendukung autopsi jenazah pria lulusan Universitas Andalas (Unand) Sumbar itu.

“Negara harus menaruh perhatian pada kematian sdr. Husni Kamil yang sungguh sangat mendadak berita kematiannya, seperti diliput dan menghiasi berita di berbagai media,” pungkas ketua umum Mubaligh se-Indonesia itu.

Sementara itu, Pengamat intelijen, Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati mengharapkan ada investigasi tentang penyebab meninggalnya Ketua KPU Husni Kamil Manik. Menurutnya, investigasi itu diperlukan untuk menghindari berbagai spekulasi tentang sebab meninggalnya Husni yang beredar di publik dalam beberapa hari terakhir ini.

“Menurut saya info itu harus diinvestigasi dan dicari kronologis kejadian yang menghadirkan saksi atau pemberi info,” katanya seperti diberitakan JawaPos.Com (pojokbandung.com Group), Minggu (10/7).

Sebelumnya spekulasi tentang penyebab meninggalnya Husni memang beredar secara viral di media sosial. Ada foto jasad Husni dengan wajah penuh bercak merah.

Politikus Golkar yang juga Ketua Umum Mubaligh se-Indonesia, Ali Mochtar Ngabalin merupakan salah satu pihak mengungkapkan kecurigaannya tentang penyebab kematian Husni. Sebab, Ali menganggap jasad Husni lebih mirip korban racun.

Namun, Nuning -sapaan Susaningtyas- mengatakan, sebaiknya tidak menyebar provokasi dengan memanfaatkan meninggalnya Husni. “Dalam hal terkait kematian kita tidak bisa dengan kira-kira saja, apalagi provokasi,” tutur mantan anggota komisi intelijen di DPR RI itu.(put/jpg)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …