Ilegal, Aher Minta PO Bus Parahyangan yang Terguling di Cimahi Ditindak Tegas

Bus maut PO Parahyangan terguling setelah menabrak mobil dan motor di  Jalan Kolmas Cimahi.

Bus maut PO Parahyangan terguling setelah menabrak mobil dan motor di Jalan Kolmas Cimahi.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG--Insiden bus terguling di Kolmas Cimahi menuai sorotan keras dari Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.


Kang Aher–sapaan akrab gubernur menegaskan, perusahaan bus Parahyangan yang terguling di jalan Kolonel Masturi Kota Cimahi, harus ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

Apalagi, kata gubernur, insiden tersebut menelan 9 korban jiwa dan 24 orang terluka.

“Dari penyelidikan yang dilakukan polisi, ‎bus tersebut beroperasi tanpa dokumen resmi kelayakan jalan untuk pelayanan transportasi umum,” kata Aher itu saat peninjauan arus balik di Posko Dishub Jawa Barat di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/7).

Ditegaskannya, penggunaan bus tersebut jelas ilegal dan merupakan pelanggaran hukum karena akibatnya fatal apalagi hingga menelan korban jiwa.

“Persoalannya adalah menggunakan bus antar jemput (karyawan) yang sudah tidak terdaftar di perusahaan bis umum dan tidak di-KIR bertahun-tahun,” ujarnya. Aher mengatakan, menggunakan bus untuk berpariwisata yang lokasinya cukup jauh memerlukan kesiapan kendaraan yang laik jalan. Terjadinya kecelakaan di kawasan terjal dan menurun tersebut, kata Aher, menjadi bukti bahwa adanya ketidak perdulian terhadap perawatan kendaraan.

“Saat dioperasikan di jalan datar memang tidak terdeteksi, namun saat masuk jalanan menurun baru ketauan rem blong,” pungkasnya.(rm)

Loading...

loading...

Feeds

Energi Postif Moonraker untuk Kemajuan Daerah

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Bukan lagi zamannya ugal-ugalan dijalanan. Apalagi melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Stigma negatif …