Dari Timur ke Barat Jalur Padalarang Padat Merayap

 


POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Memasuki hari kedua Lebaran, sejak pukul 08.00 Wib kendaraan yang melintasi jalur Padalarang mengalami kemacetan hingga obyek wisata Situ Ciburuy, berbeda dengan arah sebaliknya menuju Tol Padalarang nampak begitu lengang. Hal tersebut disebabkan, masih adanya pemudik dari Kabupaten Garut dan Tasik menuju arah Cianjur, Sukabumi dan Bogor.

Staf Management Rekayasa Lalu-lintas Dinas Perhubungan Bandung Barat, Rohmat Saepulloh menuturkan, dari Kota Cimahi, Padalarang menuju arah barat, Pasar Tagog sampai Situ Ciburuy volume kendaraan semakin meningkat yang terjadi sejak pukul 08.00 Wib hingga pukul 12.00 Wib, setidaknya sudah tercatat ada 33.734 unit baik itu sepeda motor, mobil atau kendaraan lainnya.

kondisi jalur mudik Padalarang. (asep rahmat)

kondisi jalur mudik Padalarang. (asep rahmat)

“Jumlah tersebut akan bertambah karena pemudik khususnya tujuan Bogor, Sukabumi dan Cianjur alternatif utamanya menggunakan jalur Padalarang. Perkiraan kondisi jalanan lengang terjadi pukul 22.00 Wib hingga menjelang pagi,” ucapnya kepada Radar Bandung saat ditemui di Pos Tagog Padalarang, Rabu (6/7).

Rohmat menjelaskan, kemacetan sudah terjadi sejak H 1 dan H+1 Lebaran, pihaknya memperkirakan padatnya arus lalu-lintas (lalin) di jalur Padalarang akan terjadi hingga 17 Juli 2016 karena sudah habis masa liburan, terutama anak sekolah.

“Berdasarkan laporan kendaraan yang keluar dari Tol Padalarang juga mengalami lonjakan dan tujuannya sama menuju wilayah Barat, Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Puncak dan Bogor,” terangnya.

Rohmat menyebut, meskipun jalur Padalarang padat merayap tapi arus lalin masih bisa terurai dengan adanya anggota dari Dishub Bandung Barat dan pihak Kepolisian. Kata Rohmat, kemungkinan bila terjadi lonjakan kendaraan sekira 16 sampai 17 Juli mendatang ketika arus balik maka akan diberlakukan sistem rekayasa buka tutup jalur (one way).

“Saat ini belum terlihat kemacetan yang parah, meskipun padat merayap ini terbilang normal karena sudah jadi tradisi pada arus mudik atau arus balik,” terangnya.

Adapun data yang berhasil dihimpun sejak H 1, kata Rohmat, mulai dari sepeda motor, mobil, truck dan kendaraan lainnya dari arah Barat ke Timur berjumlah 42.437 unit sedangkan dari arah sebaliknya berjumlah 60.742, bila dijumlahkan kendaraan yang melintas jalur Padalarang mencapai 103.179 unit.

“Hari ini H+1 Lebaran dari pukul 08.00 wib sampai pukul 13.00 Wib sudah tercatat 33.734 unit kendaraan dan belum diakumulasikan hingga pukul 00.00 Wib sudah pasti jumlahnya akan bertambah,” tuturnya.

Dipihak lain, Perwira Pengendali Operasional (Padal-OP) Pos Tagod Padalarang, AKP Kustiawan menjelaskan, kemacetan di jalur Padalarang sudah terjadi sejak H 1 Lebaran dan diprediksi sampai 10 Juli 2016 dimana hari terakhir libur bersama.

“Anggota kami tidak henti-hentinya terus bertugas di jalan untuk mengurai kemacetan ‘Ya meskipun laju kendaraan padat merayap tapi masih bisa diatasi dan belum saatnya diberlakukan sistem buka tutup jalur,” imbuhnya.

Kustiawan menyebut alasan lain kemacetan di Jalur Padalarang disebabkan karena adanya pusat perbelanjaan oleh-oleh dikawasan Pasar Tagog dan adanya aktifitas bus DAMRI di Terminal obyek wisata Situ Ciburuy.

“Banyak pendengara yang berhenti di bahu jalan karena membeli oleh-oleh dan jumlahnya tidak sedikit jadi para petugas kami tidak henti-hentinya harus mengimbau berulang kali demi mengurai kemacetan,” paparnya.

Meski Jalur Padalarang padat merayap, Kustiawan mengimbau kepada pengendara yang hendak melakukan perjalanan arus balik jangan dilakukan pada hari Minggu (10/7). Karena dipastikan volume kendaraan di Jalur Padalarang akan macet total.

“Bayangkan arus balik dilakukan pada hari yang sama otomatis kendaraan akan padat. Jadi, untuk antisipasi kemacetan alangkah baiknya sebelum hari Minggu,” tandasnya.(cr3)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …