Jalur Nagreg Alami Penurunan Kendaraan Pemudik

kondisi jalan nagreg. (asep rahmat)

kondisi jalan nagreg. (asep rahmat)

 


POJOKBANDUNG.com, NAGREG – Menjelang H-2 Lebaran, anggota kepolisian Polres Bandung masih berlakukan sistem buka tutup di Jalur Selatan Jalan Cagak ‘Nagreg’ dari arah Kota Bandung menuju Limbangan dan Kabupaten Garut. Hal tersebut dilakukan untuk mengurai kemacetan meskipun volume kendaraan yang melintas cenderung berkurang.

KBO Satlantas Polres Bandung, Iptu Agus Romy mengatakan, semua anggota kepolisian terus berjaga di lapangan untuk mengoptimalkan sistem buka tutup yang diberlakukan sejak H-4 jelang Lebaran, meskipun situasi saat ini tidak sepadat dan separah kemacetan yang terjadi pada H-3.

“Memang volume kendaraan berkurang, hari ini berkurang, namun kami tetap siaga karena dikhawatirkan menjelang sore hari jumlah kendaraan akan kembali bertambah,” ucap Agus saat ditemui di Pos Pol Jalan Cagak Nagreg, Garut, Senin (04/7).

Agus menambahkan, sebenarnya kepadatan arus lalu lintas di Jalan Raya Nagreg dikarenakan imbas dari kemacetan kendaraan di wilayah Kadungora dan Limbangan, dimana terdapat beberapa kegiatan warga dipasar dan terminal, selain itu juga Jalan Raya Nagreg Kabupaten Bandung menjadi jalur utama arus mudik menuju wilayah selatan Jabar.

“Memang di sini (Nagreg,red) merupakan jalur yang bisa disebut jalur pelarian para pemudik setiap tahun, mengingat kemacetan panjang yang terjadi di Jalan Tol Pejagan-Brebes,” tuturnya.

Di pihak lain, Kasi Rekayasa Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung, Heru memprediksi, peningkatan volume kendaraan kemungkinan terjadi malam hari hal tersebut berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya H-2 menjelang Lebaran, meskipun puncak pemudik terjadi pada H-3 dengan jumlah total 148.752 unit kendaraan.

“Sedangkan sejak pukul 00.00 Wib hingga pukul 05.00 Wib baru tercatat 18.740, dan siang harinya belum kami data kembali. Walau mengalami penurunan dari H-3, kemungkinan malam nanti volume kendaraan akan bertambah,” tandasnya.(cr3)

Loading...

loading...

Feeds