Hukuman Tinggal 8 Bulan, Messi Pilih Kabur dari Nusakambangan

Pos_Nusakambangan

Pos_Nusakambangan

 


POJOKBANDUNG.com, CILACAP – Narapidana di Lapas Batu, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Saman Hasan Zadeh Leili alias Messi (30) kabur pada Kamis lalu (30/6). Warga negara Turki itu kabur dengan cara menyamar sebagai petugas lapas.

Messi mengenakan seragam sipir. Penyamaran terpidana 12 tahun dalam kasus narkoba itu pun berjalan lancar. Saman bahkan lolos tanpa melalui jalur tikus, tapi justru melewati gerbang utama Pulau Nusakambangan, Dermaga Wijayapura.

Koordinator Kalapas Se-Nusakambangan, Abdul Aris mengatakan, Saman memakai baju dan celana petugas lapas sehingga mengelabui sipir yang berjaga. Selanjutnya ia menggunakan sepeda motor jenis bebek milik sipir.

Saman juga memakai helem dan bermasker sehingga wajahnya tak terlihat. “Pelarian Saman ini, dengan cara menggunakan seragam petugas lapas. Ia memang melawati Wijayapura, itu terekam di CCTV jam 11.23,” ujarnya kepada Radar Banyumas.

Menurutnya, kaburnya Saman merupakan imbas lemahnya pengawasan. Kewaspadaan sipir terhadap Saman melemah karena pesakitan itu memang punya rutinitas mengisi air mineral di lapas.

Karenanya, Saman sudah menjadi napi pendamping yang dipercaya melakukan kegiatan tertentu di luar lapas. Ia dinilai berkelakuan baik.

Namun, ternyata Saman kabur. Menurut Aris, pihak lapas akan melakukan penyelidikan terhadap kejadian ini.

Namun, Aris belum memastikan ada atau tidaknya keterlibatan orang dalam sehingga Saman kabur. Sejauh ini sudah ada pemeriksaan terhadap para sipir yang bertugas. “Dari kantor pemeriksaan,” jawabnya singkat.

Sedangkan Kapolres Cilacap, AKBP Ulung Sampurna mengatakan, pihaknya baru menerima laporan tentang kaburnya Saman pada Kamis (30/6) pukul 22.00. Karenanya, Polres Cilacap langsung menyebar anggotanya untuk memburu Saman.

Padahal, Saman tinggal menyisakan masa hukuman selama delapan bulan lagi. Meski demikian polisi tetap memburu Saman. “Anggota masih di lapangan,” ujarnya.(tyo/gus/ziz/acd/jpg)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …