Satreskrim Polres Bandung Ringkus Sindikat Pencuri Sapi di Kabupaten Bandung

EKSPOS: Kasat Reskrim Polres bandung, AKP Niko NAP  memperlihatkan barang bukti hasil kejahatan sindikat pencurian sapi yang digelar di Mapolres Bandung, Selasa (28/6).

EKSPOS: Kasat Reskrim Polres bandung, AKP Niko NAP memperlihatkan barang bukti hasil kejahatan sindikat pencurian sapi yang digelar di Mapolres Bandung, Selasa (28/6).

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Satreskrim Polres Bandung menangkap lima orang tersangka pencurian ternak yang biasa beroperasi di beberapa Kabupaten di Jawa Barat.


Kasat Reskrim Polres bandung, AKP Niko NAP mengatakan, penangkapan lima orang sindikat pencurian ternak tersebut, bermula dari pelaksanaan patroli rutin di Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. “Petugas mencurigai kendaraan jenis APV yang melaju kencang, kami kejar,” tutur Niko, Selasa (28/60).

Polisi yang berhasil mengejar dan memberhentikan mobil tersebut, kemudian melakukan pemeriksaan dan ditemukan sapi yang telah dipotong di dalam mobil. “Setelah diwawancara, mereka mengaku jika sapi tersebut merupakan sapi curian dari daerah Garut,” ujarnya.

Lima orang penumpang mobil tersebut yakni PI, HM, UM, HS, dan AS diamankan bersama mobil yang digunakan. Selain itu, dari hasil penyelidikan sementara, satu buah sapi yang masih hidup juga berhasil diamankan.

Menurut Niko, berdasarkan pengakuan dari para tersangka, mereka telah sering melakukan pencurian ternak. Selama ini, tidak kurang dari 30 ekor sapi dan ratusan ekor kambing telah mereka curi dari beberapa kabupaten di Jawa Barat seperti Kabupaten Garut, Sumedang, Purwakarta dan Karawang.

Para tersangka sudah sangat lihai dalam mencuri ternak, dalam aksinya mereka mendatangi kandang ternak, kemudian membawanya ke dalam mobil. “Dua orang menunggu di dalam mobil, ketika sapi masuk ke mobil AVP dua orang itu langsung menyembelihnya,”ungkapnya.

Setelah disembelih, pengemudi langsung tancap gas meninggalkan lokasi pencurian. “Kepala sapi biasanya dipotong dan dibuang, mereka memotong bagian-bagian tubuh sapi di dalam mobil yang melaju, memang mereka sudah ahli, dua diantaranya pernah bekerja di RPH sebagai tukang potong hewan,” ungkapnya.

Niko melanjutkan, masyarakat yang memiliki ternak diimbau untuk berhati-hati dan waspada terhadap pencurian ternak, mengingat saat yang menjelang idul fitri ini cukup rawan terhadap pencurian.(mld)

MILDAN ABDALLOH/RADAR BANDUNG
EKSPOS: Kasat Reskrim Polres bandung, AKP Niko NAP  memperlihatkan barang bukti hasil kejahatan sindikat pencurian sapi yang digelar di Mapolres Bandung, Selasa (28/6).

Loading...

loading...

Feeds

Vaksinasi Covid Telan Rp47 Miliar

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Subang mengungkap, di tahun anggaran 2021 ini, Pemda Subang mendapat …

Kompak Bantu Warga yang Isolasi

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Desa Jalancagak, Kaecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang memberikan bantuan bagi tetangga yang tengah menjalani isolasi mandiri di …

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …