Gembleng Latihan Mental, Strategi Melawan Tekanan

Ilustrasi Renang

Ilustrasi Renang

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sebelum berlaga di PON XIX yang akan digelar pada pertengahan September 2016, cabang olahraga aquatic Pelatda Jabar saat ini tengah fokus melatih kekuatan segi mental.


Ketua Umum Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jawa Barat, Ari Hendarmin mengatakan, saat ini semua cabor aquatic Jabar sedang berlomba latihan membina mental, dirinya beranggapan persaingan tidak hanya di dalam air, melainkan isu-isu tekanan kemungkinan ditemui di darat.

“Kalau meningkatkan kecepatan dan daya tahan sudah pasti, tapi sekarang kami orientasikan pada latihan mental,” ucapnya kepada Radar Bandung saat ditemui di GOR Padjajaran Kota Bandung, Selasa (28/6).

Ari menambahkan, demi memperkuat mental para atlet pihaknya sudah memiliki cara ampuh yang bisa diterapkan kepada para atlet, sudah pasti program latihannya berbeda dengan yang diberikan KONI Jabar.

“Kami ada program khusus, kalau dari KONI Jabar salahsatu programnya bertanding dengan atlet yang levelnya diatas kami (try out),” terangnya.

Kata Ari, bila dilihat lebih jauh selain melatih mental program latihan atlet renang Pelatda Jabar juga sudah memasuki tahapan pra-pertandingan, mengingat persiapan menjelang PON XIX/ 2016 Jabar kurang lebih tinggal 3 bulan.

“Kalau progres latihan saya rasa sudah ‘oke’, karena ada beberapa atlet juga yang dipersiapkan di Kejuaraan Asean Game dan Olimpiade jadi mulai sekarang semua porsi latihannya lebih ditingkatkan,” imbuhnya.

Ari mengaku, memasuki Juli 2016 sudah periode latihan berat dan di bulan yang sama semua tahapan latihan try out akan berakhir, artinya tidak diperkenankan melakukan try out lagi. Pasalnya, Agustus 2016 adalah periode mempertahankan stamina yang selama ini dijalani.

“Masuk Agustus porsi latihan berat sudah dikurangi, paling latihan ringan saja kemudian  ditingkatkan kembali pada September hingga PON XIX dimulai,” tandasnya.(cr3)

Loading...

loading...

Feeds

Jabar Surplus Stok Pangan Jelang Libur Nataru

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memastikan ketersediaan stok 11 komoditas pangan strategis di 27 kabupaten/kota menjelang Libur …
ribuan buruh dmeo depan gesat

UMK 2023 di Jabar Resmi Ditetapkan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Jawa Barat tahun 2023 pada …

Tangis Haru Antar Jenazah Aipda Sofyan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Peristiwa bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar pada Rabu pagi (7/12), menyisakan duka mendalam bagi keluarga korban, …