Pembangunan Technopark Cimahi, Anggota DPR RI Ini Siap Cari Jalan Tengah

Anggota Komisi X DPR RI, Nico Siahaan berbincang bersama pekerja membahas pembangunan Technopark di Jl. Baros, belum lama ini.

Anggota Komisi X DPR RI, Nico Siahaan berbincang bersama pekerja membahas pembangunan Technopark di Jl. Baros, belum lama ini.

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Anggota Komisi X DPR RI, Junico BP Siahaan mengaku akan mencari jalan tengah terkait pandangan yang berbeda terkait pembangunan Technopark di Jl. Baros antara masyarakat, DPRD Kota Cimahi dan Pemerintah Kota Cimahi.


Pernyataan tersebut dikatakan politisi PDIP saat ditemui disela melakukan kunjungan langsung ke lokasi pembangunan Technopark, belum lama ini.

Masyarakat yang keberatan dengan pembangunan technopark dilakukan di lapangan Krida yang merupakan sarana olahraga. Dengan demikian, pembangunan tersebut harus mendapatkan surat izin dari kemenpora sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Masyarakat menganggap Pemerintah melakukan pelanggaran dengan membangun di lahan sarana olahraga tanpa ada surat izin dari Kemenpora,” kata pria yang akrab disapa Nico Siahaan itu.

Sementara pihak Pemerintah mengatakan selain lokasi strategis dan berbagai pertimbangan lain, bahwa lapangan Krida tidak diperuntukan sebagai sarana olahraga. Dengan begitu, surat izin atau rekomendasi dari Kemenpora tidak diperlukan dalam pembangunan Technopark. “Permasalahan dalam kasus ini adalah ada beberapa sudut pandang. Ada yang mengatakan lahan ini merupakan sarana olahraga, ada pula yang berpendapat bukan sarana olahraga,” kata Nico.

“Saya merasa harus ikut menangani karena kaitannya dengan komisi saya, technopark ini juga nantinya akan menampung pelaku umkm dan ekonomi kreatif yang akan bernaung. Makanya saya akan mencari jalan tengah, mencari tau apa masalahnya,” Ia melanjutkan.

Nico menjelaskan secara singkat bahwa Technopark merupakan program Pemerintah Pusat yang salah satu tujuannya untuk menggenjot potensi ekonomi di sebuah daerah.

Jika terbukti lapangan Krida merupakan lahan olahraga, bisa dipastikan akan ada pidana yang mengancam Pemerintah Kota. Sebaliknya, jika tidak terbukti, maka pembangunan technopark bisa terus berjalan.

“Jangan sampai niat korupsi atau main main tidak ada, tapi menyalahi aruran administrasi. Tetap saja niat baik harus diikuti dengan aturan aturan,” ujarnya.

Lebih lanjut Nico mengaku mendapat informasi bahwa pihak legislatif sedang mempersiapkan mengajukan hak angket.

“Hak angket merupakan hak anggota dewan untuk mendengarkan pendapat. Ini harus bisa dijelaskan dengan baik oleh eksekutif. Apalagi tahun ini tahun politik. Jangan sampai kegiatan positif dipengaruhi kegiatan politik yang berlangsung tahun depan,” pungkasnya.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Fraksi Gerindra-PAN, DPRD Cimahi, Barkah Setiawan, membenarkan terkait hak angket tersebut. Bahkan, penandatanganan dilakukan melebihi syarat minimal jumlah anggota.

“Minimal (yang menandatangani) kan tujuh orang. Kami sudah ada 15 orang lebih yang menandatangani hak angket,” kata Barkah, Minggu (26/06).

Barkah tidak mempermasalahkan jika ada anggota DPRD yang tidak setuju. “Kami akan tetap bergerak untuk mengadakan hak angket itu,” ucapnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …