Kasus Narkoba di Kota Bandung Tiap Tahun Meningkat

pengungkapan narkoba . (nida)

pengungkapan narkoba . (nida)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kasus penyalahgunaan narkoba di Kota Bandung dari tahun ke tahun semakin meningkat.
Itu diungkapkan Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Alfa Harry Perdana.


“Pada kenyataannya kasus penyalahgunaan narkotika tidak pernah menurun secara signifikan bahkan angka penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Indonesia meningkat setiap tahunnya,‎” ujar Alfa Harry Perdana.

Berdasarkan data yang dihimpun Badan Narakotika Nasional (BNN) Kota Bandung, ‎2013 jumlah kasus 180 dengan jumlah tersangka 247 orang. Tahun 2014 sebanyak 209 kasus, tersangka 273 orang. Tahun 2015 tercatat 455 kasus dengan jumlah tersangka 546 orang dan tahun 2016 bulan Mei tercatat 118 kasus dengan jumlah tersangka 146 orang .

“Upaya untuk pemberantasan, BNN Kota Bandung melakukan berbagai cara diantaranya pemberantasan jaringan, test urin dan operasi secara rutin di tempat hiburan malam dan juga tempat kost,” papar Alfa.

Alfa berharap, ‎ khusus untuk Kota Bandung dalam mewujudkan masyarakat yang bersih dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, yaitu masyarakat khusunya pemuda harus bisa memilih pergaulan di lingkungan sekitar.

“Sebab pergaulan merupakan tingkat awal dalam penyalahgunaan narkoba, ” pungkas Alfa.

Sementara menurut Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Bandung, Yeni Siti Saodah, langkah-langkah BNN dengan seluruh lapisan masyarakat minimal dapat menekan prevalensi.

“Harapannya menurunkan tingkat narkoba walaupun itu berat, tapi minimalnya kita dapat menekan tingkat aktivitas narkoba khususnya di kota Bandung. Selain itu, narkoba dapat menyebabkan tingkat kriminalitas meningkat, sehingga kita perlu mencegahnya bersama-sama,” jelas Yeni. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …