Ini Dia Tempat Bermain dan Belajar Keselamatan Sejak Usia Dini

Taman Lalu Lintas,

Taman Lalu Lintas,

POJOKBANDUNG.com, Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution atau lebih dikenal dengan taman Lalu Lintas bisa jadi merupakan salah satu tempat yang bisa dijadikan pilihan keluarga untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Bagaimana tidak, di tempat tersebut banyak hal bermanfaat sekaligus bisa menjadi media mengajarkan kelalulintasan pada anak.


Apalagi tempat tersebut berada di lingkungan asri dan rindang, sehingga akan membuat anak nyaman. Ditambah, dengan berbagai wahana rekreasi yang bisa dibagi seluruh keluarga.

Di taman ini, anak-anak akan menikmati berkendaraan dengan sepeda atau kendaraan mini di jalur buatan yang dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas. Sekaligus langsung mempraktekkan pelajaran kelalulintasan dalam suasana permainan yang menyenangkan.

Taman yang berlokasi di Jalan Belitung No. 1 Bandung ini, selain sebagai taman dan tempat bermain, di sini juga dijadikan pusat latihan membaca rambu-rambu lalu lintas.

Taman Lalu Lintas memiliki pengertian bahwa sebuah taman lalu lintas atau traffic taman anak-anak adalah sebuah taman di mana anak-anak dapat mempelajari aturan jalan

Anak-anak dari usia minimum ( berusia 10 tahun dalam beberapa kasus ) diperbolehkan untuk menggunakan sepeda atau mobil bertenaga pedal untuk menavigasi jalan-jalan dan beroperasi sesuai dengan peraturan lalu lintas.

Tak jarang mereka berbagi kereta dengan orangtua, yang dapat memberikan bimbingan karena mereka lingkaran taman.

Salah satu tujuan dari taman lalu lintas adalah untuk meningkatkan kesadaran keselamatan lalu lintas di kalangan anak-anak usia sekolah.

Banyak taman lalu lintas memungkinkan anak-anak untuk mendapatkan pengalaman pada perjalanan di persimpangan jalan-jalan dan dengan sepeda atau tantangan keselamatan pejalan kaki lainnya dalam lingkungan yang sangat terkendali tanpa kendaraan bermotor yang sebenarnya .

Di Indonesia, taman lalu lintas dibuat karena kepedulian akan kesadaran keselamatan lalu lintas. Kesadaran ini dipekenalkan dari usia dini dengan cara bermain. Diharapkan dari adanya fasilitas ini kesadaran keselamatan ditingkatkan. Dari usia dini, sudah peduli akan tata tertib di jalan. Sehingga, kesadaran dari tata tertib lalu lintas yang didapat anak akan terus terbawa sampai dewasa dan menularkan kedisiplinan tersebut. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …