Cara Mudah Meringankan Gejala Sindrom Iritasi Usus

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, Dokter telah lama mengetahui bahwa terapi psikologis seperti relaksasi dan hipnosis sementara bisa meringankan gejala sindrom iritasi usus (IBS). Tapi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa terapi ini bisa juga menawarkan manfaat jangka panjang.


IBS adalah gangguan pencernaan yang mempengaruhi hingga 16 persen dari penduduk AS. IBS menyebabkan rasa sakit kronis perut, ketidaknyamanan, kembung, diare atau sembelit. Saat ini tidak ada obatnya, tapi perubahan pola makan, obat-obatan dan intervensi psikologis bisa meringankan gejala.

“Studi kami adalah yang pertama yang telah melihat efek jangka panjang,” kata penulis senior studi, Lynn Walker, seperti dilansir laman Health, Minggu (31/1).

“Kami menemukan bahwa manfaat moderat terapi psikologis tidak hanya berlangsung dalam jangka pendek tapi juga dalam jangka panjang. Hal ini penting karena IBS adalah kondisi intermiten kronis yang tidak ada perawatan medis yang baik,” kata Walker.

Para peneliti menganalisis hasil dari 41 uji klinis yang melibatkan lebih dari 2.200 pasien IBS.

Analisis ini menemukan beberapa terapi, termasuk psikologis relaksasi, hipnosis dan terapi perilaku kognitif terapi adalah sama menguntungkan dalam membantu orang mengubah cara mereka berpikir.

Terlepas dari panjang pengobatan, para peneliti menemukan efek bisa berlangsung setidaknya enam sampai 12 bulan setelah pengobatan berakhir.

Perawatan online adalah sama efektifnya dengan yang dilakukan secara pribadi.

“Gejala gastrointestinal bisa meningkatkan stres dan kecemasan yang meningkatkan keparahan gejala. Ini adalah lingkaran setan dimana perawatan psikologis bisa membantu mengatasi masalah tersebut,” kata penulis pertama studi tersebut, Kelsey Laird.

Rencana para peneliti berikutnya adalah memeriksa efek dari terapi psikologis pada kemampuan pasien untuk berfungsi di tempat kerja, sekolah dan selama kegiatan rutin lainnya.

Studi ini diterbitkan belum lama ini dalam jurnal Clinical Gastroenterology dan Hepatology.(fny/fri/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …