Jack Miller Juara di Belanda, Marquez Semakin Jauh Memimpin Klasemen

Jack Miller yang menjadi juara di Sirkuit Assen, Belanda. FOTO: AFP

Jack Miller yang menjadi juara di Sirkuit Assen, Belanda. FOTO: AFP

POJOKBANDUNG.com, ASSEN- Kejutan hadir pada MotoGP Belanda, Minggu (26/6). Pembalap Estrella Galicia 0,0 Marc VDS, Jack Miller tanpa diduga sukses meraih gelar juara untuk pertama kalinya di MotoGP usai finis terdepan di Sirkuit Assen. Dia unggul 1,991 detik dari andalan Repsol Honda, Marc Marquez.


Sementara posisi ketiga ditempati pembalap Octo Pramac Yakhnich, Scott Redding. Sukses Miller tak lepas dari insiden yang dialami beberapa pembalap papan atas seperti Valentino Rossi dan peraih pole position, Andrea Dovizioso. Kedua pembalap asal Italia itu terjatuh hingga tak bisa menyelesaikan lomba.

Beda hal dengan rekan setim Rossi di Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, yang mampu menyelesaikan balapan di posisi ke-11 setelah mengalami kesulitan pada awal lomba.

The Doctor -julukan Rossi- sebenarnya melakukan start dengan sempurna. Dia sukses melesat di depan sejak start sebelum disalip Yonny Hernandez pada lap kedua.

Saat Hernandez terus melaju di depan, Rossi mendapat ancaman dari Dovizioso. Pada lap ke-10, Dovi akhirnya sukses menyalip Rossi.

Sial bagi Hernandez yang mengalami insiden pada lap ke-10. Motornya tergelincir, namun dia masih tetap mampu melanjutkan balapan meski posisinya harus melorot.

Guyuran hujan yang semakin deras hingga membuat bendera merah dikibarkan pada lap ke-15. Balapan pun diberhentikan sementara.

Saat dilanjutkan, para pembalap kembali memulai balapan dari garis start. Posisi ditentukan dari sebelum balapan dihentikan, tepatnya pada lap ke-14.

Trek yang basah membuat para pembalap kesulitan mengendalikan motornya. Satu persatu pebalap tergelincir akibat licinnya trek. Mulai dari Dani Pedrosa, Cal Crutchlow, Danilo Petrucci, Bradley Smith dan Aleix Espargaro.

Nasib sama dialami Dovi yang juga tergelincir dan tak melanjutkan balapan. Tak lama berselang, giliran Rossi yang terjatuh. Situasi itu dimanfaatkan Marquez untuk memimpin balapan.

Namun, posisi Marquez tak bertahan lama karena sukses disalip Miller saat balapan tersisa 8 lap. Hingga akhir lomba, Miller berhasil mengamankan posisinya dan merebut kemenangan perdana di arena MotoGP sejak naik kelas dari Moto2 pada musim 2015.

Sangat pantas jika Jack Miller sangat emosional dengan kemenangannya di Assen. Air matanya tumpah di podium saat lagu kebangsaan Australia dikumandangkan.

Setelah tampil tak sesuai ekspektasi sepanjang musim debutnya tahun lalu, rider 21 tahun tersebut harus menuai kritik tajam banyak kalangan karena dianggap belum layak naik kelas ke MotoGP. Kemenangan di GP Belanda adalah jawaban dari kritikan tersebut.

“Aku tidak tahu apa yang aku rasakan saat ini,” ungkap  Millner.

“Banyak orang mencemooh kami dan semuanya seperti itu. Mereka bilang proyek ini tidak akan berhasil, tapi aku hanya berharap kami bisa membuktikan bahwa mereka salah dan aku mampu mengendarai motor (MotoGP) ini. Aku bukan orang bodoh,” Miller tampak emosional.

“Terima kasih Honda sudah mengambil risiko besar membawaku kemari (MotoGP),” tandasnya.

Sementara itu, dengan finis sebagai runner up, Marc Marquez mampu memperlebar jarak poinnya dengan duo rivalnya di Yamaha. Kini dia memimpin 24 poin dari Jorge Lorenzo.

Sedangkan Rossi semakin berat mengejar pemimpin klasemen Marquez setelah membawa pulang nol poin dari Belanda. Kini jaraknya menjadi 42 poin dari Marquez dan 18 poin dari Lorenzo. Dengan 10 balapan tersisa semuanya masih bisa terjadi.

Namun ketenangan Marquez dalam menghadapi balapan sulit di musim ini bakal menjadi modal besar untuk merebut juara dunianya yang ketiga.(ira/cak/jpg/ca)

Klasemen Sementara MotoGP 2016

Pembalap             Poin

1. Marc Marquez  145
2. Jorge Lorenzo 121
3. Valentino Rossi 103
4. Dani Pedrosa 86
5. Maverick Vinales 79
6. Pol Espargaro 72
7. Hector Barbera 58
8. Andrea Iannone 52
9. Aleix Espargaro 49
10. Eugene Laverty 48
11. Andrea Dovizioso 43
12. Stefan Bradl 37
13. Jack Miller 33
14. Scott Redding 32
15. Bradley Smith 32
16. Alvaro Bautista 29
17. Danilo Petrucci 24
18. Cal Crutchlow 20
19. Michele Pirro 19
20. Tito Rabat 18
21. Loris Baz 8
22. Yonny Hernandez 3

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …