Waspada Cuaca Buruk, Menhub Minta Tunda Perjalanan Mudik

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Safety adalah yang utama. Motto itu, menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan, tak bisa ditawar lagi. Karenanya, dia meminta moda transportasi lebih baik menunda perjalanan jika kondisi cuaca sedang buruk.


“Khusus di laut dan udara, saya tekankan kalau memang cuaca buruk dan tidak memungkinkan untuk berangkat, ya (kapal atau pesawatnya) jangan berangkat atau delay,” ujarnya.

Ia pun mengimbau masyarakat memaklumi jika terjadi penundaan (delay) karena faktor cuaca. Apalagi, akhir-akhir  ini cuaca di Indonesia kurang baik. BMKG sendiri sudah memprediksi cuaca kurang bersahabat ini masih terjadi saat musim mudik minggu depan.

”Daripada Kalau dipaksa berangkat tidak pernah sampai. Tidak boleh ada target waktu, kalau delay ya delay. Yang penting perjalanan selamat,” tegasnya.

Sementara itu, mengantisipasi kemungkinan terjadinya longsor, pada moda transportasi darat, Menhub telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti kepolisian dan Kementerian PU untuk siaga semaksimal mungkin. Telah disiagakan pula traktor, mobil Derek dan alat-alat ekskavator yang disediakan.

Imbauan yang sama ditujukan pula pada pemudik sepeda motor. Mereka diminta tidak menargetkan tenggat waktu untuk sampai ke tujuan. Misalnya, dari Jakarta berangkat setelah buka puasa. Lalu, ditargetkan sampai Pemalang sebelum sahur.

”Nggak usah begitu. Kalau capek ya berhenti dulu,” ucapnya.

Karena, lanjut dia, sepeda motor tidak dirancang untuk perjalanan jarak jauh. Apalagi motor bebek, yang tidak mungkin digunakan dengan kecepatan tinggi. ”Masa dipakai 300-400 km tanpa henti, ” ujarnya. (mia/jpg)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …