Amerika Serikat Vs Kolombia: Demi Gengsi dan Kualifikasi

POJOKBANDUNG.com, GLENDALE – Harga diri. Hanya inilah yang tersisa dari Amerika Serikat jelang bentrok perebutan tempat ketiga melawan Kolombia di University of Phoenix Stadium, Minggu pagi (26/6)- siaran langsung Kompas TV pukul 07.00 WIB.


Sebagai tuan rumah, Amerika Serikat sudah merasakan malu sekaligus pedih ketika dikalahkan empat gol tanpa balas oleh Argentina di semifinal (22/6). Karena itu, peringkat ketiga adalah target terpenting jika mereka ingin menutup turnamen ini dengan senyum.

”Kami harus bangkit demi posisi spesial tersebut,” ujar pelatih Amerika, Juergen Klinsmann, dalam sesi tanya jawab via akun Facebook, seperti dilansir Four Four Two. ”Ini adalah kesempatan yang sangat penting bagi kami,” lanjut pelatih asal Jerman itu.

Selain pelipur lara, laga ini juga menjadi kesempatan revans bagi The Yanks, sebutan Amerika, setelah mereka sempat takluk 0-2 dari tim besutan Jose Pekerman itu pada partai pembuka Grup A (4/6).

Klinsmann mengatakan, skuadnya telah banyak berkembang daripada saat dikalahkan di laga perdana. Yang paling penting adalah menghindari skema set piece, penyebab dua gol yang bersarang ke gawang Brad Guzan. “Kami sudah belajar dari itu dan siap memberikan mereka kejutan,” ucap der trainer 51 tahun tersebut.

Klinsmann bisa menurunkan kekuatan penuh lantaran kembalinya tiga pemain pilar Amerika, duo gelandang Alejandro Bedoya dan Jermaine Jones, serta striker Bobby Wood dari skorsing kartu.

Perubahan, seperti dilansir oleh Bleacher Report, bakal dilakukan oleh eks arsitek timnas Jerman dan Bayern Muenchen tersebut. Diantaranya adalah memberikan kesempatan kepada striker muda Borussia Dortmund, Christian Pulisic, untuk turun sebagai starter menggantikan Wood atau Clint Dempsey.

Jurnalis Bleacher Report, Joe Tansey berpendapat, dengan memberikan menit bermain kepada skuad muda lebih banyak, Klinsmann bisa mempersiapkan Amerika dengan lebih maksimal untuk berlaga di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Concacaf.

Saat ini, Michael Bradley dkk berada di posisi runner up dibawah Trinidad dan Tobago dengan selisih tiga poin dari empat pertandingan (10-7).

”Dengan semakin ketatnya kualifikasi Concacaf, tidak ada cara lain bagi Klinsmann selain mempersiapkan skuad mulai dari laga perebutan rangking tiga ini,” ujar Tasey dalam tulisannya.

Terpisah, kapten sekaligus playmaker Los Cafeteros, sebutan Kolombia, James Rodrguez mengatakan, mereka siap untuk memperbaiki peringkat dari yang sebelumnya hanya perempat final pada dua edisi Copa America terakhir.

”Kuncinya adalah selalu mencoba, belajar dari pengalaman. Itu yang bakal membuat tim ini lebih baik,” kata pemain Real Madrid tersebut dalam akun Instagram-nya. (apu/ca)

 

 

Loading...

loading...

Feeds