Pemkab Bandung Barat Percepat Perbaikan Jalan Jalur Mudik

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat akan meMpercepat perbaikan jalan di jalur mudik, seperti di jalur Parongpong, Lembang, Cikalongwetan, Cipatat dan Cililin.

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat akan meMpercepat perbaikan jalan di jalur mudik, seperti di jalur Parongpong, Lembang, Cikalongwetan, Cipatat dan Cililin.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG BARAT – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dalam hal ini Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan Kabupaten Bandung Barat akan mempercepat perbaikan jalan di jalur mudik. Sejumlah jalur mudik yang tengah dikerjakan seperti di jalur Parongpong, Lembang, Cikalongwetan, Cipatat dan Cililin.


Menurut kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan KBB, Adang Rachmat Syafaat mengatakan, menjelang mudik Lebaran perbaikan jalan dipercepat agar pengendara yang melewati jalur di Kabupaten Bandung Barat akan lebih nyaman.

“Kita targetkan H-7 Lebaran sejumlah titik jalur mudik yang dilalui pengendara bisa selesai. Kami juga melakukan penambalan jalan terhadap titik yang memang sudah rusak,” kata Adang saat dihubungi Kamis (23/6).

Perbaikan jalan juga dilakukan terhadap jalur alternatif. Menurut Adang, jalur alternatif ini seringkali menjadi pilihan pengendara agar terhindar dari kemacetan. Sehingga dibutuhkan kondisi jalan yang mulus.

“Beberapa jalur alternatif kita perbaiki. Karena jalur ini menjadi pilihan agar terhindar dari kemacetan parah serta jauh lebih cepat untuk mencapai tujuan,” paparnya.

Lebih jauh Adang menjelaskan, selain perbaikan jalan di jalur mudik dan alternatif, perbaikan juga difokuskan terhadap jalur wisata. Pada saat Lebaran nanti, jalur seperti di Lembang, Parongpong dan sekitarnya harus benar-benar mulus. Bukan hanya dilalui oleh masyarakat Kabupaten Bandung Barat, namun juga dilalui oleh kendaraan dari berbagai kota yang akan menuju lokasi wisata.

“Makanya jalur wisata ini juga yang kami kerjakan lebih cepat,” tegasnya.

Untuk memberikan kenyamanan pada saat mudik, lanjut dia, pihaknya sudah jauh-jauh hari memasang dan memperbaiki penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah titik. PJU sudah dipasang sejak 2 bulan yang lalu.

“Kami juga memperbaiki PJU yang rusak dan mati. Ada juga beberapa PJU baru yang kami pasang,” katanya.

Dikatakan Adang, total jalan kabupaten mencapai 553,65 kilometer. Dari total tersebut, perbaikan jalan baru mencapai 80 % dan paling banyak jalan milik kabupaten berada di selatan. Jalur mudik di selatan juga banyak dilalui kendaraan. Untuk itu, pihaknya melakukan pengerjaan jalan di selatan guna memberikan kualitas jalan yang jauh lebih baik.

Menurut Adang, anggaran untuk perbaikan jalan serta peningkatan jalan tahun 2016 mencapai Rp90 miliar. Tahun ini, kata dia, anggaran yang paling besar akan dialokasikan untuk perbaikan jalan di selatan.

“Panjang jalan di wilayah selatan yang akan diperbaiki kurang lebih mencapai 100 kilometer,” pungkasnya. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …