Jalan Senilai Rp 79,5 Miliar Diresmikan Dadang Naser

Bupati Bandung Dadang Naser resmikan Jalan Cukang Monteng. (mildan)

Bupati Bandung Dadang Naser resmikan Jalan Cukang Monteng. (mildan)

POJOKBANDUNG.com, IBUN– Pemerintah Kabupaten Bandung secara resmi membuka jalan Cukang Monteng di Kecamatan Ibun. Jalan tersebut bisa digunakan untuk alternatif mudik menuju Kabupaten Garut.


Bupati Bandung, Dadang M Naser mengatakan, secara umum, Jalan Cukang Monteng tembus Kamojang tersebut, belum 100 persen rampung. Beberapa kelengkapan pendukung masih belum terpasang.

“Sekarang baru soft launching, nanti kalau sudah selesai semuanya akan grand opening,” tutur Dadang, di sela soft launching Jalan Cukang Monteng, Jumat (24/6).

Kendati demikian, secara umum jalan tersebut sudah bisa dilalui oleh pemudik. Struktur jalan, kata Dadang, sudah seluruhnya rampung dan laik untuk dilalui.

“Jembatan sudah diuji oleh kementerian PU, lain fungsi, jadi aman untuk dilalui,” katanya.

Namun, pemerintah Kabupaten Bandung hanya merekomendasikan untuk digunakan saat siang hari, pasalnya beberapa pendukung seperti PJU dan pengaman lainnya belum dipasang.

“Kalau malam hari jangan, ini hanya untuk mudik siang hari saja. Pemudik yang menggunakan jalur ini harus hati-hati, karena di sini jalurnya pegunungan dan banyak tanjakan,”paparnya.

Dadang melanjutkan, setelah Idul Fitri pengerjaan fasilitas pendukung akan dipasang, sehingga saat Idul Adha nanti jalur tersebut sudah 100 persen rampung.

Jalan Cukang Monteng sendiri, dibangun dari APBD Kabupaten Bandung senilai Rp 79,5 miliar. Pembangunan jalan tersebut, untuk memperlancar akses ekonomi masyarakat di Kecamatan Ibun.

“Ini sebagai aspek penunjang untuk memperlancar transportasi dan ekonomi masyarakat,” katanya.

Terpisah, Kasatlantas Polres Bandung, AKP Rezkhy Satya mengatakan, untuk jalur mudik tahun ini tidak ada jalan alternatif.

“Tidak ada jalur alternatif, jalur mudik hanya melalui Nagreg,” paparnya.

Untuk jalur Ibun sendiri, Rezkhy mengatakan, walaupun struktur jalan masih baru, namun belum dilengkapi dengan penunjang lainnya.

Sementara itu, Kapolsek Ibun, Aiptu Asep Dedi mengatakan, walaupun kepolisian belum merekomendasi jalur Cukang Monteng untuk jalur mudik, namun pihaknya tetap akan melakukan pengamanan.

Jalur tersebut, kata Asep sudah banyak digunakan oleh masyarakat walaupun baru diresmikan Jumat (24/6).

Asep mengungkapkan, jalur Cukang monteng memang cukup berbahaya bagi pengemudi khususnya dari arah Garut menuju Bandung.

“Dalam satu bulan, ada empat orang meninggal karena kecelakaan tunggal, semuany dari arah garut,”ungkapnya.

Pengendara yang mengalami kecelakaan, kebanyakan menggunakan roda dua jenis matic.

“Kalau ada pemudik, nanti untuk pengendara dari arah Garut menuju Bandung, akan diarahkan menggunakan jalur lama,”katanya. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds