Inilah 5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, Lebih baik mencegah daripada mengobati. Begitu kata pepatah yang tentunya Anda setuju. Salah satu tindakan pencegahan terhadap penyakit adalah memastikan kondisi daya tahan tubuh.


“Makanan, terutama yang berbasis tanaman tentu bisa membantu mencegah dan mengobati penyakit. Beberapa mengandung fitonutrien, yang ada di tanaman untuk melindungi mereka dari kuman, jamur, bug dan bahaya lingkungan lainnya. Senyawa ini bisa melakukan hal yang sama bagi tubuh manusia, membantu untuk menyembuhkan di tingkat DNA,” kata peneliti Dr. Mark Hyman, seperti dilansir laman Care2, Minggu (28/2).

Selain menjaga daya tahan tubuh dengan teratur berolahraga, beberapa makanan juga bisa membantu memberi efek positif dalam meningkatkan imunitas tubuh. Beberapa diantaranya adalah:

ubi

Ilustrasi : Ubi

1. Ubi

Kulit, organ terbesar dari tubuh adalah baris pertama pertahanan terhadap bakteri dan virus. Vitamin A sangat penting untuk menjaga kulit tetap kuat dan sehat. Salah satu sumber terkaya vitamin A adalah ubi jalar.

madu-mentah

Ilustrasi : Madu Mentah

2. Madu mentah

Madu mentah adalah salah satu makanan yang paling sehat yang diyakini memiliki sifat antibiotik tanpa risiko pengembangan bakteri resisten.

 

jamur-ajaib

Ilustrasi : Jamur

3. Jamur

Jamur ajaib dan kita tidak berbicara tentang reputasi halusinogen mereka. Sebuah studi dari University of Florida Institute of Food and Agricultural Sciences menemukan bahwa makan jamur shiitake harian bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh serta mengurangi protein inflamasi.

bawang-putih

Ilustrasi : Bawang Putih

4. Bawang putih

Tingginya tingkat allicin dalam bawang putih membuat mereka sebagai antibiotik alami yang kuat. Senyawa sulfur yang terdapat dalam bawang putih telah meningkatkan kekebalan dan anti-tumor dalam studi ilmiah.

fermentasi foods

Ilustrasi : Fermentasi Foods

5. Fermentasi Foods

Setidaknya 70 persen dari sistem kekebalan tubuh seseorang ada di dalam usus, sehingga menjaga kesehatan usus super penting untuk kekebalan.(fny/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …