Golkar Dorong Asuransi untuk Pekerja Informal

Dedi Mulyadi

Dedi Mulyadi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Partai Golongan Karya Jawa Barat mengusulkan agar pemerintah segera membuat kebijakan untuk melindungi para pekerja buruh informal. Perlindungan yang diberikan bisa berbentuk asuransi kesehatan, asuransi pekerjaan, dan asuransi hari tua.


Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Jabar Dedi Mulyadi mengatakan, anggota DPR RI harus membahas berbagai macam jaminan untuk para buruh informal. Menurutnya, pekerja informal seperti buruh bangunan, buruh tani, ataupun buruh kasar harus mendapat perlindungan yang layak dari pemerintah.

Dedi menilai, jaminan tersebut sangat dibutuhkan mengingat pekerjaan mereka sangat berat dan beresiko namun sangat minim dengan jaminan. “Contohnya pekerja bangunan. Mereka tidak setiap hari dapat uang karena tergantung proyek. Sekarang bukan masalah sakitnya, karena itu sudah ditanggung pemerintah. Tapi bagaimana nasib anak dan istri para pekerja bangunan, kalau suaminya sakit? Inilah problem yang harus segera terselesaikan,” kata Dedi di kantor DPD Golkar Jabar, Kota Bandung, Jumat (24/6).

Dedi pun mendorong pemerintah pusat agar memperhatikan jaminan hari tua bagi para lanjut usia seperti yang dilakukannya di Kabupaten Purwakarta saat ini. Bupati Purwakarta ini menjelaskan, di daerahnya para lansia digaji oleh pemerintah.

Dalam hal ini, para PNS memiliki tanggungan satu orang ibu asuh atau lebih yang akan diberikan santunan tiap bulannya. Hal tersebut telah berlaku sejak beberapa tahun ke belakang.

“Saya harap ada peraturan dan perundang-undangan yang mengatur kedua hal itu. Dan Partai Golkar harus mampu mengkaji secara mendalam berapa besar anggaran negara untuk memberikan perlindungan itu. Saya rasa Indonesia mampu untuk itu,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto mengamini apa yang diusulkan oleh Dedi. Menurutnya, kedua hal tersebut sangat mendasar dan perlu segera terealisasi dengan dorongan para anggota dewan dari partai berlambang pohon beringin itu.

“Saya minta anggota DPR Golkar untuk mulai besok start mengajukan usulan itu. Partai Golkar harus mempelopori dan harus mulai melaksanakan usulan itu karena sangat bagus. Saya terima kasih kepada Kang Dedi yang berani memberikan usulan seperti itu,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Grab Lebih Baik Patuhi Putusan KPPU

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Grab disarankan berjiwa besar dan bayar denda yang diputuskan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sebesar Rp …