Ngeri!!! Vaksin Bayi Palsu Beredar Sudah Sejak 5 Tahun Lalu

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Pemalsuan obat-obatan semakin mengerikan. Dittipideksus Bareskrim mengungkap enam jaringan pembuat vaksin palsu untuk bayi.


Diantaranya, vaksin polio, campak dan bacillus calmette-guerin (BCG). Dampak penggunaan vaksin palsu itu sedang dianalisa di laboratorium.

Direktur Dittipideksus (Dirtipideksus) Bareskrim Brigjen Agung Setya menuturkan, pengungkapan kasus ini dimulai dari adanya indikasi pemalsuan vaksi di sejumlah lokasi di Jakarta. ”Kami kemudian lihat telisik lebih dalam,” paparnya.

Ternyata, terdapat enam jaringan yang memproduksi vaksin palsu itu. Enam jaringan itu, penjual vaksin di Pasar Kramat Jati, jalan Manunggal Kalisari, Jatibening, Puri Bintaro Hijau, jalan Serma Hasyim dan Kemang Regency.

”Semua sedang di dalami, apakah mereka terkait atau tidak,” jelasnya.

Pembuatan vaksin palsu itu dilakukan dengan mencampurkan berbagai bahan kimia, diantaranya anti biotic dan infus. Dia menuturkan, pembuatan vaksin palsu dari enam jaringan ini hampir sama.

”Kami juga menemukan beberapa alat press yang digunakan untuk mencetak tempat vaksin,” paparnya.

Namun yang pasti, keenam jaringan pemalsu vaksin bayi ini telah berproduksi selama lebih dari lima tahun. Dengan begitu, kemungkinan besar vaksin palsu itu telah beredar luas.

Bahkan, bisa jadi telah ada yang digunakan. ”Wilayah peredarannya di seluruh Indonesia,” terangnya.

Wilayah mana yang telah dideteksi terdapat vaksin bayi palsu? Dia menuturkan memang sudah menyebar dimana-mana. “Tapi, kalau yang sudah terdeteksi pasti, ada di Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta. ”Kami mengembangkan terus,” jelasnya.

Yang mengkhawatirkan, dia menuturkan agak sulit membedakan antara vaksin asli dengan palsu tersebut. Sebab, keduanya sangat mirip dan hanya bisa diketahui palsunya dari tes laboratorium.

”Bahkan, saya khawatir kalau tenaga medis seperti dokter dan perawat juga tidak bisa membedakannya. Vaksin itu yang bisa menggunakannya hanya tenaga medis. Tentunya diharapkan tenaga medis bisa lebih waspada. Setidaknya, jangan membeli vaksin yang harganya lebih murah dari pasaran,” jelasnya. (idr/jpg)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …