Melongok Masjid Mungsolkanas, Saksi Bisu Perjuangan Islam

Batu Prasasti Masjid Mungsolkanas Bandung. Foto: Job

Batu Prasasti Masjid Mungsolkanas Bandung. Foto: Job

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Banyak masyarakat Kota Bandung yang belum mengenal Masjid Mungsolkanas. Masjid yang berada di kawasan padat penduduk ini berdiri megah dengan corak modernnya. Tepatnya masjid ini berada 50 meter dari jalan utama Cihampelas di depan Rumah Sakit Advent, Kota Bandung.


Dilihat dari tampilan fisiknya, tidak akan ada yang mengira jika usia masjid itu ternyata sudah 147 tahun. Dengan dinding bangunan modern saat ini, Masjid Mungsolkanas terlihat seperti masjid yang sering kali ditemui di Kota Bandung.

Namun, masjid minimalis itu dulunya hanyalah berbentuk panggung. Menurut Ketua DKM Masjid Mungsolkanas, Haris M Lubis, awalnya masjid ini hanyalah sebuah musala dari kayu dan bentuk bangunannya yang sangat sederhana dengan kolam di bawahnya.

“Awalnya berdiri berupa tajug (musala) panggung bambu di bawahnya kolam dan airnya bisa langsung diminum tanpa dimasak. Karena dulu kan belum ada rumah-rumah,” ujarnya.

Masjid Mungsolkanas berdiri tahun 1869 didirikan oleh Abdurahim atau masyarakat sekitar memanggilnya Mama Aden. Menurut Haris, Mungsolkanas diambil dari kebiasaan Mama Aden yang selalu mengajak masyarakat menyenandungkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

“Mungsolkanas kepanjangannya mangga urang ngaos sholawat ka kanjeng nabi salallahualaihi wassalam,” tutur Haris.

Masjid yang berada di tengah-tengah permukiman penduduk dan apartemen mewah di bilangan Cihampelas itu, sudah beberapa kali direnovasi.

Menurut Haris, Mungsolkanas pertama kali direnovasi pada tahun 1956 dengan setengah dinding semi permanen. Setelah itu di renovasi kembali sekitar 1968, kali ini merubah wajah musala tradisional menjadi bangunan modern.

“Masjid ini baru di rehab kemudian tahun 1956 maka dibangunlah setengah dinding permanen. Lanjut lagi tahun 1968 keseluruhan tembok dan sudah tidak ada lagi kolam,” jelas Haris.

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …

Pedagang Jamur Ketiban Berkah Hujan

POJOKBANDUNG.com, PAMULIHAN – Musim hujan yang tengah melanda saat ini, membawa angin segar bagi penjual jamur disepanjang jalan raya Bandung-Cirebon …