Biaya Kuliah Semakin Mahal, Uang Pangkal Mahasiswa Mandiri Mulai Dilegalkan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Biaya kuliah bakal dirasakan semakin mahal. Khususnya bagi mahasiswa baru dari saringan ujian atau seleksi mandiri. Kemenristekdikti mengizinkan kampus menarik uang pangkal dan biaya lain kepada mahasiswa jalur mandiri.


Sebelumnya tidak ada perlakuan khusus bagi mahasiswa jalur mandiri. Mahasiswa dari jalur mandiri, tetap dikenai beban biaya kuliah sesuai skema uang kuliah tunggal (UKT).

Sama seperti mahasiswa baru dari jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) maupun seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN).

Sekjen Kemenristekdikti Ainun Naim mengatakan memang benar pungutan uang pangkal sekarang dilegalkan untuk mahasiswa jalur mandiri.

“Tetapi saya tegaskan, jalur mandiri bukan untuk orang-orang kaya saja,” katanya. Ainun menuturkan kampus tetap harus membuka akses jalur mandiri berdasarkan kemampuan akademis pelamarnya.

Ainun mengatakan akses beasiswa seperti bidik misi tetap dibuka untuk mahasiswa di jalur mandiri. Selain itu uang pangkal yang sejatinya boleh dipungut di jalur mandiri, diharamkan jika mahasiswanya berasal dari keluarga tidak mampu.

Kemenristekdikti berharap masyarakat yang tidak lolos SBM PTN dan SNM PTN, tidak takut untuk ikut seleksi mandiri. (wan/agm/jpg)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …