Persiapan Arus Mudik, Polres Bandung Pelototi Jalur Nagreg

Jalur Nagreg

Jalur Nagreg

POJOKBANDUNG.com, NAGREG– Puncak kepadatan arus mudik pada Idul Fitri tahun ini, diperkirakan akan terjadi pada H-3 Idul Fitri. Berbagai persiapan termasuk inovasi dilakukan Polres Bandung dalam menjalankan operasi Ramadaniyah.


Kasatlantas Polres Bandung, AKP Rezkhy Satya mengatakan, salah satu pusat perhatian arus mudik adalah jalur Nagreg. Di jalur tersebut, antrean panjang selalu terjadi setiap tahun.

“Macet pasti, tapi kami akan berusaha sebaik mungkin untuk melancarkannya,”tutur Rezkhy, Selasa (21/6).

Kemacetan dimungkinkan terjadi di Jalur Cileunyi dan Nagreg saat arus mudik, sementata saat arus balik Jalur Kopo dan Ciwidey akan menjadi fokus lain bagi Polres Bandung.

Kemacetan di Cileunyi, kata Rezkhy disebabkan adanya pertemuan arus dari arah barat, timur dan utara. Sementara kemacetan di Nagreg disebabkan adanya pasar tumpah di Kadungora dan Limbangan Kabupaten Garut.

“Saat arus Balik, Kopo dan Ciwidey kemungkinan akan macet juga karena itu jalur menuju tempat wisata. Nagreg juga diprediksi akan mengalami kemaceten karena selain arus balik, juga jalan menuju objek wisata di kaabupaten garut,”paparnya.

Koordinasi dengan Polres Garut juga terus dilakukan. Bahkan, saat pengamanan jalur, tidak ada lagi ego sektoral untuk mengamankan wilayah masing-masing.

“Nanti personel kita akan diperbantukan di jalur wilayah garut. Jadi tidak ada lagi ini wilayah siapa, yang penting arus bisa lancar,”tegasnya.

Rezkhy melanjutkan, selain menempatkan petugas di sepanjang jalur mudik, inovasi juga dilakukan oleh Polres Bandung, salah satunya adalah menempatkan manekin atau boneka manusia yang memakai seragam polisi.

Selain menempatkan manekin, Polres Bandung juga akan menempatkan papan 3D bergambar polisi dan mobil patroli yang dilengkapi dengan rotator asli.

“Ada 5 manekin dan papan 3D yang akan dipasang di sepanjang jalur Nagreg,” ungkapnya.

Menurutnya, ada sebagian masyarakat yang tertib berlalu lintas ketika melihat ada petugas kepolisian. D sisi lain, polisi juga mempunyai personel yang terbatas. Dengan penempatan manekin dan papan 3D di lokasi kurang tercover oleh petugas, diharapkan masyarakat bisa lebih tertiba dalam berlalu lintas. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …

Cinta Palsu Negeriku

‎Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, menempati peringkat …