Dadang Naser Jamin Tol Soroja Bisa Digunakan Saat PON Jabar

Pembangunan Tol Soroja

Pembangunan Tol Soroja

POJOKBANDUNG.com, MARGAASIH– Pemerintah Kabupaten Bandung menjamin Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) akan bisa digunakan saat PON XIX September mendatang.


Bupati Bandung, Dadang M Naser mengatakan, proses pembangunan Tol Soroja terus dilakukan, walaupun terkendala cuaca.

“Hujan memang membuat pengurukan cukup berat. Tapi pembangunan infrastruktur jembatan tetap berjalan,” tutur Dadang, Senin (20/6).

Dia meyakini pembangunan akan rampung pada Agustus mendatang. Karena beton jalan tinggal dipasang, ketika jembatan telah rampung.

“Jika tidak, kontraktor akan rugi karena harus bayar denda,” ujarnya.

Namun, saat PON XIX mendatang, walaupun infrastruktur jalan tol sudah rampung, ada beberapa infrastruktur pendukung lainnya yang kemungkinan besar belum beres.

Salah satunya adalah gerbang tol yang rencananya mempunyai bentuk futuristik.
Kendati demikian, saat PON mendatang, Tol Soroja dipastikan bisa digunakan. Paling tidak, saat PON XIX proses ujicoba bisa dilakukan.

“Jadi jangan heran nanti kalau masuk Tol Soroja tidak bayar. Karena memang untuk pertama digratiskan dulu, sekaligus untuk masa percobaan. Apalagi nanti memang untuk kegiatan PON XIX Jawa Barat,” katanya.

Berbagai program percepatan pembangunan Tol Soroja, katanya, dilakukan di antaranya dengan negosiasi dengan warga sekitar lokasi pembangunan serta pemilik lahan yang belum dibebaskan. Pihaknya pun segera membayar biaya pembebasan dua masjid di Dunguslembu di Margaasih.

“Anggaran pembebasan lahan tempo hari ternyata kurang Rp 53 miliar. Sedangkan untuk mencairkan uang negara, butuh waktu lama untuk menunggu sampai 2017 atau dalam anggaran perubahan. Makanya untuk membebaskan lahan yang belum, investor PT CMLJ (Cipta Marga Lintas Jabar) siap pinjamkan uangnya Rp 53 miliar dulu, di antaranya untuk membebaskan dua masjid tersebut, dicairkan dengan sistem tertentu dan jaminannya seperti apa,” ucap Bupati.

Pada penyelenggaraan PON XIX Jabar, termasuk untuk seremoni pembukaan dan penutupan PON, kata Bupati, Tol Soroja siap dilalui dengan telah dibeton dan dirapikan bahu jalannya. Terlebih, terdapat sebanyak 10 venue PON di Kabupaten Bandung yang akan digunakan untuk pertandingan. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds

PTM Terbatas Harus Fokus pada Hal Esensial

POJOKBANDUNG.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas perlu berfokus pada hal …