Waspada… Pemudik dengan Sepeda Motor Rawan Celaka

mudik_motor_boncengan

mudik_motor_boncengan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Warga yang hendak mudik Lebaran 2016 dengan menggunakan sepeda motor diimbau lebih hati-hati dan waspada. Sebab, risiko kecelakaan bagi pengendara roda dua ini dinilai lebih tinggi dibanding penggunan moda transportasi lain.


Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menilai, risiko kecelakaan pengguna motor ini lebih besar dibanding pengguna bis atau kereta api. Data berbagai instansi dalam setiap tahunnya menunjukkan tingginya angka kecelakaan bermotor pada momentum mudik lebaran seperti saat ini.

Oleh karena itu, Heryawan pun mengimbau warga yang hendak mudik ke kampung halaman agar tidak menggunakan sepeda motor. Pemudik akan lebih baik jika menggunakan moda transportasi massal seperti bis maupun kereta api.

“Saya mohon dan mengimbau kepada seluruh pemudik di Jawa Barat untuk tidak pulang atau pulang menggunakan sepeda motor,” kata Heryawan, di Bandung, Minggu (19/6).

Tingginya risiko kecelakaan ini, kata Heryawan, diperburuk dengan kondisi cuaca saat ini yang diprediksi masih diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Hal ini pun berdampak pada kondisi kesehatan jika pemudik menggunakan sepeda motor.

Gangguan kesehatan dan ketidaknyamanan berkendara dalam cuaca yang tidak bagus ini rentan dialami pengguna sepeda motor. “Bagaimana pun karena dia mengendarai sendiri, dia capek, tidak bisa tidur,” katanya.

Akan tetapi, jika warga tetap ingin mudik dengan membawa sepeda motor, menurutnya akan lebih baik jika sepeda motornya diangkut ke kampung halaman dengan menggunakan kereta api. “Kan sekarang ada angkutan ekspedisi. Kalau mau pakai sepeda motor, silakan motornya dikirim lewat ekspedisi, tapi orangnya pakai bis atau kereta api,” katanya.

Agar semakin banyak pemudik yang tidak menggunakan sepeda motor, Heryawan pun mengimbau seluruh perusahaan di Jabar menggelar mudik bareng gratis bagi setiap karyawannya. Heryawan optimistis, semakin banyak mudik bareng gratis, maka pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor akan berkurang.

Hal ini pun akan berdampak positif terhadap kondisi lalu lintas di jalan. Kemacetan akan lebih terurai jika semakin banyak pemudik yang menggunakan kendaraan umum atau bersama-sama.

“Begitu pun dengan kenyamanan di perjalanan ketika mudik gratis. Mereka nyaman karena bisa bareng-bareng, apalagi satu bisnya dengan orang yang dikenal semua,” katanta.

Pada musim mudik tahun ini, tuturnya, Pemprov Jabar melalui Dinas Perhubungan menggelar program mudik gratis untuk masyarakat umum dan pegawai negeri sipil. Namun, diakuinya mudik gratis yang diberikan tidak akan mampu menampung semua pemudik.

“Pasti terbatas,” ucapnya. Namun, tambahnya, selama inipun terdapat sejumlah perusahaan yang rutin mengadakan mudik bareng gratis bagi karyawannya seperti Honda, PT Telkom, dan Yamaha Indonesia.

Sementara itu, saat disinggung kesiapan Pemprov Jabar dalam mendukung kelancaran arus mudik kali ini, menurutnya belum bisa dijelaskan secara pasti. Hanya saja, instansi terkait di Pemprov Jabar sudah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari, seperti penambahan marka lalu linta oleh Dinas Perhubungan dan perbaikan jalan provinsi oleh Bina Marga.

“Kalau ditanya berapa persen, saya harus tanya dulu. Nanti saya konsolidasi dulu. Tapi laporan atau progresnya terus membaik,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Ada Efek Pegal-pegal dan Ngantuk

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setelah disuntik vaksin, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana tidak berencana melakukan kegiatan yang terlalu berat. “Setelah …

Dinas Lingkungan Hidup Usulkan Perda TPU

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Pemerintah Kabupaten Subang, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Tempat Pemakaman Umum (TPU) …

Pemkab Belum Ada Rencana Perbaikan

POJOKBANDUNG.com, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, belum ada rencana untuk memperbaiki bangunan sekolah rusak yang terdampak banjir. Kepala Dinas …

Jembatan Cisokan Tak Kunjung Diperbaiki

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR – Sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Cibanggala dengan pusat pemerintahan Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur ambruk diterjang air Sungai …

Dua Orang Tersangka Masih Buron

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Polres Cimahi menetapkan delapan orang sebagai tersangka dalam bentrokan antar geng motor yang terjadi di Jalan Raya …

Kades Merem Melek, Takut Jarum Suntik

POJOKBANDUNG.com, TANJUNGSARI  – Lantaran belum pernah merasakan disuntik sejak 58 tahun. Kepala Desa Kutamandiri Caca Suryana menutup wajahnya dengan menggunakan …

147 Orang Akan di Test Swab

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Berdasarkan hasil tracing Puskesmas Ciwaruga terhadap kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW …

Harapan Ekonomi di Tangan Petani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ditengah situasi pandemi Covid 19, program 5.000 petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan …