Pertahankan Aset Sengketa, Pemprov Jabar Gandeng Kejati

Eksekusi lahan kantor Dinas Peternakan Jabar dijaga ketat petugas kepolisian. (nida)

Eksekusi lahan kantor Dinas Peternakan Jabar dijaga ketat petugas kepolisian. (nida)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggandeng Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat sebagai jaksa pengacara negara untuk menyelesaikan masalah sengketa lahan Dinas Peternakan Provinsi Jabar, di Jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bandung. Seperti diketahui, dalam putusan Mahkamah Agung, Pemprov Jabar kalah saat digugat pihak yang mengaku sebagai ahli waris.


Akibatnya, pada 2 Juni lalu, Pengadilan Negeri Bandung melakukan eksekusi terhadap aset negara tersebut. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, dirinya akan berusaha sekuat tenaga mempertahankan aset negara tersebut.

Bahkan, menurutnya, Kejati Jabar pun siap membantu menyelesaikan permasalahan ini. “Kita akan melakukan perlawanan hukum (untuk mempertahankan aset Disnak Jabar). Kejati Jabar menyatakan siap menjadi jaksa pengacara negara pada setiap kasus hukum terkait dengan provinsi. Terutama hal-hal strategis,” kata Heryawan usai bertemu Kepala Kejati Jabar Setia Untung Arimuladi, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (17/6).

Heryawan mengaku tidak rela jika aset yang diklaimnya secara sah milik Pemprov Jabar itu dikuasai atau direbut oleh pihak lain. “Kita harus mempertahankan aset negara ini dengan cara yang benar. Jangan sampai ada mafia ikut sukses membobol aset negara,” katanya.

Kepala Kejati Jabar Setia Untung Arimuladi mengaku siap membantu Pemprov Jabar menghadapi sengketa hukum dengan pihak manapun. “Kita kerja sama dengan pemerintah daerah. Kita siap. Butuhnya jaksa pengacara negara, ya kita akan dampingi,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan membantu Pemprov Jabar mengawal jalannya pembangunan. Sehingga proses pembangunan di Jabar dapat berjalan dengan baik tanpa terkendala masalah hukum.

“Setidaknya keberadaan kejaksaan bisa membantu bagaimana menyerap anggaran yang ada. Kemudian memperkecil penyimpangan,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …