SIMAK! Ini Masih Seputar Aturan Pemberian THR

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Kemenaker menegaskan semua pekerja yang setidaknya telah bekerja satu bulan wajib mendapatkan tunjangan hari raya (THR). Dalam aturan lawas, yang wajib menerima THR adalah yang minimal bekerja tiga bulan.


Untuk yang masa kerjanya belum satu tahun, besarannya dibuat proporsional. Sedangkan yang sudah satu tahun atau lebih, besarannya satu kali gaji. Dalam aturan menaker juga mengatur denda dan sanksi administratif bagi pengusaha yang lalai memberikan THR.

Denda yang dikenakan sebesar 5 persen dari total THR yang harus dibayar sejak berakhirnya batas waktu kewajiban pengusaha membayar.

Sanksi yang diberikan lebih tegas. Antara lain teguran tertulis, pembatasan kegiatan usaha, penghentian sementara sebagian atau seluruh alat produksi hingga pembekuan kegiatan usaha.

“Kami juga akan mengumumkan kepada publik bagi perusahaan yang tidak membayar THR,” kata Dirjen Pembina Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Haiyani Rumondang.

Haiyani menambahkan, pihaknya sudah berkonsultasi dengan sejumlah pihak sebelum mengeluarkan peraturan itu. Diantaranya, serikat pekerja/serikat buruh, perwakilan pemerintah dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

“Kami minta para buruh untuk melapor jika ada perusahaan yang tidak memberikan THR,” tandasnya. (wan/tyo/sof)

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …

DPRD Jabar Imbau Ponpes Taati Prokes

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar M. Sidkon Djampi mengimbau para santri dan pengajarnya taati protokol kesehatan Covid-19. …

Kenaikan Sanksi Prokes Terbentur Pergub

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penerapan kenaikan sanksi denda untuk pelanggaran protokol kesehatan (prokes) sulit dilakukan. Musababnya, realisasi sanksi tersebut harus melakukan …