Puasa Hanya untuk Orang Beriman

Tarling kodam

Tarling kodam

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pangdam III/Siliwangi didampingi para pejabat Utama Kodam, melaksanakan taraweh keliling bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Jawa Barat bertempat di Masjid Al-Ikhlas Kodam III/Siliwangi Jln. Aceh No. 69 Bandung, Selasa (14/06).


Taraweh keliling dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wagub Dedi Mizwar, Kapolda Irjen Pol Bambang Waskito, Ketua DPRD Jabar Ineu Purwa Dewi Sundari, Kajati Jabar Setia Untung Arimuladi, Ketua Pengadilan Tinggi Jabar Arwan Byrin, prajurit, PNS serta masyarakat sekitar.

Drs KH Endang Kusmana dalam ceramah singkatnya (Kultum), mengatakan puasa hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman. Terkait dengan itu, maka kita jangan susah mengurusi orang yang tidak puasa karena mereka yang tidak berpuasa berarti tidak beriman. Lebih lanjut menurut Endang Kusmana, di bulan Puasa ini Allah SWT akan melipatgandakan semua amal ibadah yang kita jalani. Oleh karena itu lakukan ibadah Puasa ini dengan ikhlas semata-mata karena mengharap Ridho Allah SWT.

KH Endang Kusmana AR yang merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Bani Syaibah Ujung Berung dan Dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini menambahkan, kewajiban puasa berlaku mutlak, tidak bisa ditawar-tawar. Kalau berhalangan hari ini, wajib menggantinya di luar ramadan. Kalau tidak bisa menggantinya dengan puasa, wajib menggantinya dengan memberi makan orang miskin. Jika bukan karena kekuatan iman, bagaimana mungkin kita bisa tunduk dan patuh terhadap kewajiban puasa sebulan penuh yang memberatkan jasmani dan rohani?

“Kalau ada yang tidak puasa karena tidak mau puasa, ya biarin aja. Kalau ada yang tidak puasa karena tidak bisa puasa, ya maklumin aja. Kalau ada yang mengaku puasa padahal tetap makan dan merokok di siang hari, ya cuekin aja. Toh itu kewajiban dia dengan Tuhannya. Kita tidak bisa memaksa muslim lain untuk berpuasa karena puasa itu untuk Allah SWT semata. Dan hanya dia dan dia yang tahu apakah dia sedang berpuasa atau mengapa dia tidak puasa,” ujarnya.

Pada kesempatan Tarling Forkompinda tersebut, Gubernur Jawa Barat melalui Bendara Bazis Provinsi Jawa Barat menyerahkan bantuan Rp 25 juta untuk fakir miskin dan anak yatim piatu binaan Kodam III/Siliwangi yang diterima langsung oleh Kabintaldam III/Siliwangi Kolonel Kav. H. Khusnul Khuluq. (Pendam).

Loading...

loading...

Feeds