Warga Harus Komit Jaga Citarum

citarum

citarum

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berharap masyarakat memiliki komitmen yang baik untuk menjaga kelestarian dan kebersihan Sungai Citarum. Bahkan, dengan begitu, Heryawan berharap kebersihan sungai ini menyamai Sungai Nil di Afrika.

Heryawan menyebut, meski melintasi 17 negara, kebersihan Sungai Nil sangat terjaga. “Maka diperlukan komitmen dari semua pihak untuk menjaga kebersihan
Sungai Citarum,” kata Heryawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (14/6).

Heryawan menerangkan, baru-baru ini dirinya ke Mesir untuk mengunjungi masyarakat dan pelajar asal Jabar di sana. Dirinya pun melakukan studi banding tentang Sungai Nil di sana.

“Kita menginap di hotel pinggir Sungai Nil. Ternyata Sungai Nil itu sangat bersih airnya, padahal sungai ini melintas di 17 negara. Artinya di sana itu ada komitmen yang kuat dari masyarakat untuk tidak membuang sampah dan limbah ke sungai,” paparnya.

Oleh karena itu, rehabilitasi Sungai Citarum harus dioptimalkan. Pihaknya mengaku akan menertibkan semua industri yang ada di sekitar Sungai Citarum dan anak anak Citarum agar membuang limbahnya dengan baik.

Selama ini, lanjut Heryawan, pihaknya berusaha melakukan proses penyadaran dan sosialisasi kepada industri-industri yang ada di sana. Pihaknya ingin mengetahui industri mana saja yang taat azas dalam mengolah limbahnya.

“Kita akan meminta mereka menertibkan IPAL yang dimiliki dan memperbaiki IPAL yang kurang berfungsi atau membuat IPAL
baru,” katanya. Heryawan menambahkan, TNI/Polri akan dilibatkan untuk mengawasi penggunaan IPAL di industri.

Bahkan, katanya, Polri pun akan melakukan proses hukum terhadap industri-industri yang nakal. Meski begitu, pihaknya ingin mendahulukan pendekatan preventif.

“Tolong sadar, sesadar-sadarnya karena ada hak-hak orang lain. Kawasan yang hilir akan hancur dan rusak serta membahayakan mana kala racun-racun dibuang,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds