Timun Suri, Buah Khas Digemari Setiap Ramadan

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG— Ramadan tak afdol tanpa kehadiran buah yang satu ini, timun suri. Buah yang bisa disajikan untuk ta’jil ini begitu digemari masyarakat saat bulan Ramadan. Selain rasanya yang manis dan segar, kandungan di dalam “daging” buahnya ini bisa mengganti rasa lapar dan haus saat berbuka.

Namun, berbeda dengan tahun sekarang peredaran timun suri di pasaran jarang terlihat. Padahal biasanya H-7 menjelang bulan Ramdan tiba,sudah banyak beredar di jalanan sudut-sudut Kota Bandung. Menurut salah satu penjual timun suri di Pasar Gedebe, Kota Bandung, Jajang (61), kelangkaan timun suri ini dikarenakan tidak ada pasokan dari beberapa kota penghasil timun suri.

“Sekarang timun suri langka, karena musim panen padi yang telat dari waktunya, yang seharusnya tanam timun tapi masih ada padi yang belum panen,” tutur Jajang saat ditemui di lapaknya di PasarGedebage, Kota Bandung, Senin (13/6).

Beberapa kota besar di Jawa Barat yang sering memasok timun suri ke Jajang ialah, Karawang, Cirebon, Indramayu, dan Kadipaten (Majalengka). Dari tiga kota inilah Jajang dan beberapa pedagang timun suri mengandalkan pasokan buahnya. “Lokasi yang diandalkan untuk timun suri malah tidak nanam timun suri, jadi weh mahal ayeuna teh,” ujar Jajang.

Akibat keterlambatan peredaran timun suri di pasaran, mengakibatkan harga buah yang satu ini merangkak naik. Menurut Jajang, tahun lalu harga timun suri masih di kisaran Rp 3500-4000 per kilogram. Tapi Ramadan tahun ini harga jual timun suri menjadi Rp.4500-5000 per kilogramnya.

Selian itu, Jajang menuturkan, harga timun suri saat memasuki hari pertama bulan Ramadan tahun ini mengalami lonjakan kenaikan yang signifikan sebesar Rp 10 ribu per kilogramnya.Namun, dengan merangkaknya harga timun suri, diakui Jajang, tidak mengurangi pembeli yang datang.

“Mau musim apa pun timun suri tetap digemari pembeli, saat puasa maupun hari-hari biasanya,” pungkas Jajang. (Job1)

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …