Duh… Brasil Tersingkir Gara-gara Gol Tangan Tuhan

Pemain Peru Raul Ruidiaz merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Brasil pada laga  Copa America. AFP

Pemain Peru Raul Ruidiaz merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Brasil pada laga Copa America. AFP

POJOKBANDUNG.com, FOXBOROUGH – Brasil harus mengakhiri petualangannya di Copa America Centenario 2016, setelah dikalahkan oleh Peru 0-1, Senin (13/6) pagi WIB.


Brasil tersingkir lewat gol kontroversial, menggunakan tangan. Sementara Peru melangkah ke perempat final sebagai juara Grup B, dan akan menghadapi runner up Grup A, Kolombia.

Melawan Peru, Senin (13/6) pagi WIB, terlihat permainan Brasil kurang menggigit. Sejumlah serangan dengan mudah dipatahkan oleh pertahanan Peru.

Sisi kreativitas pun tidak menonjol. Coutinho yang tampil cemerlang saat menghadapi Peru terlihat mati kutu. Dalam laga ini, keindahan sepak bola Brasil kurang terlihat. Tapi, itu memang menjadi karakter permainan Dunga yang tak terlalu mendewakan Joga Bonito.

Setelah berakhir imbang 0-0 pada babak pertama, permainan lebih atraktif terjadi di babak kedua, terutama Peru. Mereka mampu membuat pertahanan Brasil kedodoran.

Puncaknya, pada menit ke-75, Raul Ruidiaz mampu mencetak gol ke gawang Alisson usai memanfaatkan umpan tarik dari Andy Polo.

Wasit meniup peluit tanda telah terjadi gol. Tapi, pemain-pemain Brasil melakukan protes keras karena menganggap Ruidiaz mendorong bola ke gawang menggunakan tangannya. Dalam tayangan ulang memang terlihat bahwa Ruidiaz menggunakan tangan untuk mencetak gol.

Wasit Andres Cunha lantas mendatangi asisten wasit satu dan dua untuk berkonsultasi. Tapi, tak ada jawaban pasti. Akhirnya, Cunha berkonsultasi dengan asisten wasit keempat. Setelah itu, gol pun tetap disahkan. Brasil tersingkir karena gol “Tangan Tuhan” Ruidiaz.

Terlepas dari itu, Peru akhirnya bisa mengalahkan Brasil untuk kali pertama sejak 1985. Pada tahun itu Peru terakhir kali menang atas Brasil. Sedangkan di ajang Copa America, Peru terakhir kali menang atas Brasil pada 1975 di babak semifinal dengan skor 3-1.

Sementara itu, bagi Brasil, untuk pertama kali sejak 1987, mereka gagal melaju dari fase grup. Ya, terakhir kali Brasil gagal lolos dari babak grup Copa America pada 1987 yang digelar di Argentina. (epr/JPNN)

Susunan Pemain
Brasil: 1-Alisson, 2-Dani Alves, 3-Miranda, 4-Gil, 6-Filipe Luís, 8-Elías, 10-Lucas Lima, 18-Renato Augusto, 19-Willian, 22-Coutinho, 11-Gabriel Barbosa (12-Hulk 72)
Peru: 1-Pedro Gallese, 2-Alberto Rodríguez, 3-Aldo Corzo, 16-Christian Ramos, 5-Adán Balbín (19-Yotun 46), 6-Miguel Trauco, 10-Christian Cueva (13-Tapia), 16-Oscar Vilchez, 20-Édison Flores (11-Raul Ruidiaz 64), 8-Andy Polo, 9-Paolo Guerrero
Skor: 0-1
Pencetak gol: Raul Ruidiaz 75
Wasit: Andrés Cunha (Uruguay)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …