Nazava Water Filters Raih Ashden Awards 2016, Kategori Sustainable Energy & Water

Lieselotte Heederik, CEO  Nazava memberikan presentasi d ihadapan para juri dan kontestan serta tamu dari negara lain pada kegiatan Ashden International Conference 2016 di London,  Inggris.

Lieselotte Heederik, CEO Nazava memberikan presentasi d ihadapan para juri dan kontestan serta tamu dari negara lain pada kegiatan Ashden International Conference 2016 di London, Inggris.

POJOKBANDUNG.com, LONDON–Nazava Water Filters sebuah perusahaan sosial asal Bandung-Indonesia, berhasil mendapatkan penghargaan Ashden Awards 2016 untuk kategori Sustainable Energy & Water yang didukung oleh Waterloo Foundations.


Penghargaan Ashdenmerupakan sebuah tolak ukur yang diakui secara global yang berfokus di bidang energi yang berkelanjutan. Setiap pemenang akan mendapatkan uang sebesar £30,000 serta dukungan bisnis untuk meningkatkan kinerja perusahaan tersebut.

Lieselotte Heederik, CEO iNazava menerima penghargaan Ashden Awards

Lieselotte Heederik, CEO iNazava menerima penghargaan Ashden Awards

Membeli air di Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) memerlukan biaya lebih dari Rp 1.000.000 per tahun, per kepala keluarga. Dan berdasarkan data Dinas Kesehatan kota Bandung dari 130 DAMIU, ditemukan 61 DAMIU (46,9%) yang masih terdapat bakteri E.coli pada air hasil penjernihan mereka. Hal ini diperparah dengan fakta bahwa sekitar 26.000 anak di Indonesia meninggal setiap tahunnya karena terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri dalam air seperti Diare.

Nazava Water Filtersberhasil menyediakan sebuah alat penyaring air rumah tangga ekonomis, yang dapat menyaring air PDAM, air sumur, bahkan air hujan secara langsung, hingga menjadi air yang layak diminum tanpa perlu dimasak terlebih dahulu, dan tanpa menggunakan listrik, sehingga bisa mengurangi emisi gas CO2.
Sejak dimulai pada akhir tahun 2009, Nazava telah menjual lebih dari 53.000 filter air kepada lebih dari 200.000 orang di Indonesia melalui jaringan 107 agen yang tersebar di 53 lokasi di Indonesia.

“Nazava memiliki tiga A yaitu: Accessible, Affordable, dan Aspirational. Cara mereka menyediakan air yang minum yang aman bagi keluarga di daerah pedesaan memiliki potensi besar dan dapat ditirudibelahan dunia lain, dan terbukti tidak memerlukan infrastruktur yang besar untuk bisa sukses” ungkap seorang juri pada malam itu.

Lieselotte Heederik, CEO dari Nazava mengatakan, pihaknya sangat bangga bisa mendapatkan penghargaan Ashden ini. Ashden Awards merupakan sebuah penghargaan prestisius dan kami sangat senang bisa memenangkannya. “Ini merupakan sebuah pengakuan besar dan motivasi atas kerja keras seluruh tim Nazava untuk bisa terus menyediakan air minum yang sehat dan hemat, terutama bagi keluarga yang paling membutuhkan,” ujar Lieselotte.

Sarah Butler-Sloss, Pendiri dan Direktur Ashden juga mengungkapkan energi berkelanjutan saling berhubungan dengan begitu banyak masalah besar lainnya yang terdapat di negara berkembang seperti: akses terhadap air minum, mata pencaharian, pemberdayaan perempuan dan akses ke pembiayaan untuk dapat memulai sebuah usaha.

“Pemenang Ashden Awards tahun ini tanpa terkecuali, semuanya mampu mengubah hidup orang lain ke arah yang lebih baik, dan kami bangga memiliki kesempatan untuk mendukung apa yang mereka kerjakan,” jelasnya. (ymi)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …