Kemensos Targetkan 15 Ribu Pecandu Narkoba Direhabilitasi

Mensos Khofifah

Mensos Khofifah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Sosial (Kemensos) menargetkan 15 ribu pecandu narkoba bisa direhabilitasi di institusi penerima wajib laporan (IPWL) pada tahun ini. Hal itu disesuaikan dengan alokasi anggaran yang dimiliki pada tahun ini.


Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, target itu lebih sedikit ketimbang jumlah pecandu yang direhabilitasi pada tahun lalu. Pada tahun lalu ada sekitar 21.600 pecandu yang berhasil direhabilitasi.

“Ini karena IPWL ini tidak melakukan rehabilitasi non panti sehingga kami bisa melampaui target,” kata Khofifah kepada wartawan di Hotel Grand Tjokro, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Kamis (9/6) malam.

Meski tidak sebanyak tahun lalu, Khofifah mengatakan, rehabilitasi pada tahun ini lebih difokuskan kepada kualitas dan hasil. Artinya, kata dia, rehabilitasi para pecandu narkoba itu harus sampai tuntas atau tidak lagi menggunakan narkoba.

“Malam ini saya meminta targetnya tidak hanya menghitung outputnya (jumlahnya, red) tetapinya outcomenya (hasilnya, red) juga harus dihitung,” ujar Khofifah.

Untuk memaksimalkan hasil rehabilitasi, kata Khofifah, IPWL harus melaksanakan sistem family support group. Sistem itu, yakni melibatkan keluarga untuk mendukung penuh proses rehabilitasi. Sebab banyak keluarga pecandu justru jarang menjenguk anggota keluarganya di IPWL.

“Salah satu yang menjadi kunci untuk bisa mengawal mereka adalah keluarga. Family support group itu wajib dilakukan yang biasanya dilakukan di setiap IPWL. Tapi kan ada anggota keluarganya jauh dari luar kota jadi kehadirannya tidak bisa setiap minggu,” tutupnya.(nda)

Loading...

loading...

Feeds