Juli, Terakhir Peralatan Masuk ke Venue

logo PON

logo PON

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Bidang Pertandingan PB PON XIX/ 2016 Jabar, Yudha Munajat Saputra memastikan, peralatan pertandingan PON XIX dan Peparnas XV baik itu import maupun pemesanan dari pabrikan lokal direncanakan terakhir masuk ke setiap venue pada Juli 2016.

Menurut Yudha, sebagian besar 60 persen peralatan seperti lapangan pertandingan anggar, perangkat atletik, alat beladiri, menembak, dayung, dan lainnya didatangkan dari pabrikan luar negeri ternama baik di Asia, Amerika maupun Eropa.
Namun, tidak sedikit yang diproduksi di dalam negeri.

“Sebanyak 40 persen dipesan dari lokal karena kami lihat spesifikasi ternyata tidak kalah dengan luar negeri,” paparnya kepada Radar Bandung saat ditemui di ruang kerjanya, di Jalan Dr Radjiman Kota Bandung, Jumat (10/6)

Selain itu, kata Yudha, pemesanan barang impor maupun lokal sudah melewati proses panjang, baik itu melalui penjukan langsung, lelang tender bahkan e-katalog dan lain sebagainya. Karena, masing-masing cabor sudah menetapkan spesifikasi dan kualifikasinya.

“Mekanisme pemesanan berbeda dengan barang dan jasa lain. Pasalnya, produk yang akan digunakan sudah ditetapkan spesifikasi, jenis, dan merek, sesuai dengan peralatan berstandar internasional,” terangnya.

Ketika ditanya prosres pengiriman peralatan import sudah sejauh mana. Yudha menjelaskan, saat ini proses pengiriman masih berjalan lancar bahkan sebagaian sudah ada di venue. Diantaranya cabor tenis meja dan panahan, tapi ia belum bisa memastikan secara keseluruhan berapa persen yang sudah masuk.

“Persentase alat yang masuk belum dirincikan, InsyaAllah peralatan pertandingan yang import, dalam pengiriman aman,” tuturnya.

Akan tetapi, lanjut Yudha, dirinya berharap proses pengiriman tidak terlalu cepat sampai ke Indonesia (Jabar). Pasalnya, gudang tempat penyimpanan barang dikhawatirkan tidak cukup. Lagi pula, bila langsung dipakai dikhawatirkan bisa cepat rusak sebelum dimulainya gelaran PON XIX/ 2016 Jabar.

“Kita lakukan secara bertahap, perkirakan Juli 2016 semua peralatan pertandingan sudah masuk ke setiap venue,” tandasnya.(cr3)

Loading...

loading...

Feeds