Bangun Kesadaran Diungkapkan dengan Foto

pameran foto (dede mutakin)

pameran foto (dede mutakin)

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – “Lewat foto mereka berbicara”. Mungkin itulah ungkapan yang tepat untuk sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam komunitas fotografi jurnalistik, UIN Bandung, Photo’s Speak. Lewat tangan dingin setiap anggotanya, mereka menyajikan karya yang begitu apik lewat pameran foto di Teras Cikapundung, Jalan Siliwangi, Kota Bandung, Rabu (8/6).

Menceritakan setiap jengkal lahan masyarakat Desa Linggar, Kemacatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, yang habis tergerus oleh limbah perusahaan swasta yang kurang bertanggung jawab. Lewat foto inilah mereka berbagi keresahan setiap keluh-kesah para korban. Sebanyak 60 foto terbaik dari komunitas ini ditampilkan dalam pameran foto yang mengusung tema “ Tanah Kami Terpapar Limbah”.

“Tanah Kami Terpapar Limbah merupakan sebuah tema yang mewakili kegelisahan kami (Photo’s Speak) selama in,i tentang kondisi lingkungan yang semakin memburuk, khususnya daerah Linggar dan umumnya untuk masyarakat Indonesia,” tutur Ketua Photo’s Speak, Jamal Ramadhan (24).
Bukan hanya kali ini, jika dihitung mungkin sudah bertahun-tahun masyarakat Linggar harus rela lahan sawahnya diracuni oleh limbah. Melalui foto, komunitas yang sudah berdiri sejak 2011 ini, membagikan cerita yang tertuang dari lensa para anggotanya.

Limbah yang terus menggenangi kawasan pesawahan tak pernah keluar solusi untuk mengehentikannya. Berbagai cara untuk menggugah pemerintah agar menyelesaikan permasalahan ini buntu ditengah jalan. Dari sinilah komunitas Photo’s Speak tergerak untuk mengadakan pameran foto limbah.

Menurut Jamal, kegiatan ini mempunyai makna yang sederhana intinya membangun kesadaran masyarakat. “Supaya masyarakat sadar untuk menjaga lingkungannya dengan baik dan untuk anggota Photo’s Speak sendiri kegiatan ini untuk jadi bahan belajaran,” ungkap Jamal saat ditemui disela-sela pameran.

Salah satu pengunjung, Shofie (20), mengapresiasi kegiatan pameran foto ini. Menurutnya, pameran ini lebih memperlihatkan perhatian Photo’s Speak terhadap wabah yang menimpa masyarakat. “Semua orang tahu tentang wabah ini, mereka (Photo’s Sepak) bukan hanya sekedar wacana tapi merealisasikannya dengan ini,” kata Shofie.

“Lebih jauh dari itu kami berharap mampu menstimulus masyarakat untuk peduli dan mampu menjaga lingkungan sekitar, dan tidak sama sekali ada tujuan untuk menyudutkan salah satu pihak manapun,” pungkas Jamal. (job1)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …