Kondisi Kesehatan Satwa Bonbin Masih Diawasi Dokter Khusus

Rusa salah satu penghuni Kebun Binatang Bandung._Khairizal Maris_

Rusa salah satu penghuni Kebun Binatang Bandung._Khairizal Maris_

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Kondisi kesehatan satwa di Kebon Binatang (Bonbin) Bandung masih di bawah pengawasan tim dokter khusus hewan Taman Safari Kota Bogor.


“Kami memang belum bisa menemukan dokter hewan khusus satwa liar. Jadi kondisi hewannya masih diawasi dokter dari Taman Safari,” ujar Humas Kebun Binatang Kota Bandung Sudaryo saat ditemui di lokasi Jalan Tamansari Kota Bandung, Rabu (8/6).

Sudaryo mengatakan, urusan mencari dokter hewan itu, kini bukan lagi tanggung jawabnya. Melainkan wewenang Persatuan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) agar lebih selektif. Ia sendiri mengaku tidak mengetahui berapa kebutuhan dokter hwan khusus yang akan didatangkan.
Seberapa besar kebutuhan dokter khusus hewan yang nantinya bakal didatangkan, ia tidak tahu.

“Kami berharap sih bisa secepatnya Kebun Binatang Bandung memiliki dokter khusus,” ucapnya.

Ia menambahkan, pascakepergian dokter hewan terdahulu, beberapa dokter hewan tertarik untuk menggantikan posisi tersebut. Namun, pihaknya masih menahan diri, lantaran beberapa dokter pelamar belum bisa dikatakan memenuhi kriteria seperti apa yang diinginkan pihaknya.

“Ada yang baru lulus dan ada yang belum memiliki sertifikat menangani satwa liar. Kita pun tentunya harus selektif, tidak asal dokter hewan,” ujar dia.

Terlepas itu, Yayasan Margasatwa Tamansari tengah melakukan pembenahan fisik guna meningkatkan pelayanan kepada warga masyarakat.
Beberapa pembenahan yang dilakukan meliputi beberapa kandang hewan dan beberapa sarana penunjang lainnya.

“Sebenarnya jauh hari sebelum kematian gajah Yani, kita sudah melakukan upaya perbaikan fisik. Bisa dilihat sendiri, ada beberapa kandang yang kita renovasi. Dan memang kita juga sedang berencana memindahkan beberapa kandang hewan seperti kuda nil akan dipindah ke atas,” tandas Sudaryo. (mur)

Loading...

loading...

Feeds