Boiler Meledak, Pabrik Tekstil Ini Terbakar Hebat

ilustrasi

ilustrasi

 


POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kebakaran hebat terjadi di sebuah pabrik tekstil PT Bintang Warna Mandiri (BWM) yang berlokasi di Jalan Cibaligo Dalam, Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi pada Rabu (8/6). Diduga, sumber api berawal dari meledaknya mesin boiler pabrik.
Dari pantauan, api menghanguskan tiga bagian gedung pabrik BWM. Kobaran api yang sangat besar membuat petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api. Bahkan, kepulan asap hitam dari kebakaran tersebut bisa dilihat sampai Kota Cimahi bagian Utara.
Sebagian besar gedung tersebut merupakan tempat penyimpanan kain mentah yang belum memasuki tahapan pewarnaan. Dengan banyaknya material yang mudah terbakar, membuat api cepat merambat ke bagian gedung lain.
Petugas mengerahkan belasan unit mobil pemadam yang berasal dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung dan Provinsi Jabar sehingga total armada yang dikerahkan untuk pemadaman api mencapai 12 unit kendaraan.
Kepala UPTD Damkar Kota Cimahi, Dodi Hartika mengatakan, pihaknya sempat kesulitan memadamkan api.

“Tiupan angin yang sangat kencang ditambah bahan material di dalam pabrik mudah terbakar. Selain itu, sulitnya mencari sumber air. Tapi akhirnya kami memanfaatkan sumber air yang ada di pabrik sekitar,” katanya.
Selain itu, akses jalan yang sempit ditambah kerumunan warga yang melihat peristiwa tersebut menjadi hambatan lain yang dihadapi petugas.
Sementara itu, untuk penyebab kebakaran belum dipastikan karena harus diselidiki terlebih dahulu, meskipun ada laporan bahwa api berasal dari mesin boiler yang meledak. “Masih belum dipastikan (penyebab api). Nanti akan diselidiki bersama pihak kepolisian,” katanya.
Salah seorang saksi mata yang juga karyawan pabrik, Asep Muslihat (27) mengatakan kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB.
“Awal kejadiannya waktu jam istirahat, saya berada di dekat gudang. Tiba-tiba dengar suara ledakan dari arah mesin boiler,” ujarnya saat ditemui di sekitar lokasi.
Imbas dari peristiwa tersebut, arus kendaraan kedua arah baik dari arah Cimindi menuju Melong maupun sebaliknya macet hingga menghambat lalu lintas unit damkar.
Api akhirnya bisa dipadamkan sekitar pukul 16.00 WIB dengan bantuan hujan yang mengguyur Kota Cimahi. Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …