Pemda Terkendala SDM Sajikan Laporan Berbasis Akrual

Dedi Mulyadi

Dedi Mulyadi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah daerah di Jawa Barat dinilai belum memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni untuk menyajikan laporan keuangan berbasis akrual. Ini terlihat dari hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jabar terkait laporan keuangan pemda 2015 yang merupakan tahun pertama penerapan sistem laporan keuangan tersebut.


Acara ini dihadiri sejumlah bupati/wali kota seperti Karawang, Cimahi, Ciamis, Garut, dan Purwakarta. Kepala BPK Perwakilan Jabar Arman Syifa mengatakan, SDM masih menjadi persoalan yang sering dihadapi pemerintah daerah dalam menyajikan laporan keuangan berbasis akrual.

Terlebih, menurutnya, dalam menyajikan laporan keuangan ini memang dibutuhkan SDM yang memahami tata cara laporan keuangan tentang transaksi akuntansi secara utuh. “Jadi tidak bisa hanya sekedar mengandalkan sistem akuntansi aplikasinya, tidak bisa,” kata Arman usai menyerahkan hasil laporan keuangan pemerintah kabupaten/kota di Jabar tahun anggaran 2015, di kantor BPK Perwakilan Jabar, Kota Bandung, Senin (6/6).

Menurutnya, seorang penyaji laporan keuangan harus mampu mengoreksi berbagai catatan keuangan seperti mengakui piutang, utang, dan beban keuangan setiap tahunnya. “Kalau tanpa pemahaman akan akuntansi yang baik, itu rata-rata bermasalah,” katanya.

Dia menyontohkan, belum maksimalnya kualitas SDM ini tercermin dari adanya masalah dalam laporan penyusutan yang tersaji di LO dan akumulasi penyusutan di neraca. “Selain itu, penyajian dana bantuan operasional sekolah (BOS) dan dana lain di luar APBD pun masih belum maksimal,” katanya.

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …