Hari Pertama Puasa, Nyaris Setengah PNS di Pemkab Bandung Bolos Apel Pagi

Pegawai Negeri Sipil. Foto: Ilustrasi

Pegawai Negeri Sipil. Foto: Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Hari pertama ramadan, hampir setengah PNS di lingkungan pemerintah Kabupaten Bandung tidak mengikuti upacara apel Senin pagi.


Wakil Bupati Bandung, Gungun Gunawan sangat menyayangkan banyaknya PNS yang tidak mengikuti apel Senin pagi pada hari pertama Ramadan ini.

“Seharusnya Ramadan ini jadi momen untuk meningkatkan kinerja, bukan sebaliknya, malas-malasan,” tutur Gungun ketika diwawancara selepas apel pagi, Senin (6/6).

Menurutnya, hampir setengah PNS di lingkungan Pemkab Bandung tidak hadir saat apel hari pertama ramadan ini, baik karena terlambat atau alasan lainnya.

“Sekitar 60 persen saja yang datang. Apel-apel sebelumnya pun tidak jauh kehadirannya dari itu, sekitar 70 persenan yang hadir,” ungkapnya.

Berbagai alasan biasa disebutkan oleh para PNS yang tidak mengikuti apel Senin pagi, seperti dinas luar kota, juga kemacetan.

Gungun melanjutkan, jam masuk kerja PNS Kabupaten Bandung saat Ramadan tidak berubah dari yang biasanya. Bahkan, jam pulangnya dipercepat satu jam. Ramadan, katanya, jangan menjadi alasan gangguan kinerja para PNS

“Saya belum cek pelayanan terganggu apa tidak, tapi jangan sampai puasa jadi alasan tidak efektif memberikan pelayanan. Pejabat struktural yang tidak apel atau tidak masuk akan ditegur,” katanya.

Sejumlah PNS yang telat apel pada hari pertama Ramadan, katanya, beralasan mengalami kemacetan parah di jalur Kopo-Soreang. Gerbang Tol Kopo mengalami gangguan berupa pemadaman listrik. Akibatnya, pembayaran tol dilakukan secara manual pagi hari itu dan menyebabkan antrean kendaraan sepanjang dua kilometer.

Gun Gun menuturkan Pemerintah Kabupaten Bandung harus tetap bekerja maksimal, bahkan bekerja ekstra, karena akan menghadapi PON XIX Jabar dan sedang melaksanakan pembangunan Tol Soroja. Pembenahan lingkungan pun tengah gencar dilakukan di kawasan Sungai Citarum. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds